Tengah Juli, Kaskus Buka Server di Indonesia

Tengah Juli, Kaskus Buka Server di Indonesia

JAKARTA - Kaskus.us, situs komunitas online terbesar di Indonesia, berencana membuka servernya di Indonesia. Selain untuk meningkatkan kecepatan akses terhadap situs Kaskus.us menjadi lebih cepat dari Indonesia, Kaskus juga ingin membagi servernya untuk pengamanan database lebih baik sejak pertempurannya dengan forum YogyaFree beberapa waktu lalu.

"Mungkin awal bulan depan, kita (Kaskus) akan buka server di Indonesia, tepatnya di IDC, gedung Cyber. Jadi, kaskuser di Indonesia dan sekitarnya bisa mengakses kaskus lebih cepat daripada hari ini," kata administrator Kaskus, Andrew, kepada okezone via pesawat telepon, Senin (9/6/2008).

Karena membutuhkan waktu untuk sinkronisasi dengan server yang ada di Amerika Serikat, Andrew mengatakan, server Kaskus di Indonesia baru akan running pada pertengahan Juli. "Awal bulan depan baru mulai dikerjain. Ntar kita syncronize dulu, kira-kira pertengahan bulan depan udah bisa kita running," lanjutnya.

Penambahan server di Indonesia ini, menurut Andrew, penting selain untuk pengamanan database juga untuk meningkatkan kecepatan akses situs Kaskus oleh Kaskuser-kaskuser yang berdomisili di Indonesia. "Jadi, user Kaskus di Indonesia bisa mengakses Kaskus jauh lebih cepat dibandingkan sekarang," terangnya.

Kaskus, yang berasal dari kata kasak-kusuk, didirikan oleh tiga pemuda asal Indonesia yang sedang menjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat pada 6 November 2000. Anggotanya, menurut id.Wikipedia, saat ini berjumlah lebih dari 330.600 user. Berdasarkan data yang dipaparkan Alexa, Kaskus sekarang ini berada di peringkat 315 dunia dan merupakan situs lokal nomor satu di Indonesia.

Beberapa waktu lalu, komunitas Kasak kusuk secara rutin melakukan Bakti Sosial (BakSos) tiap tahunnya. Para pengguna Kaskus mengumpulkan dana untuk membantu panti-panti asuhan di daerah Jakarta dan sekitarnya. Beberapa diantaranya berupa kunjungan dan bantuan kepada panti asuhan serta penyediaan sekolah gratis bagi yang membutuhkan. Sayangnya, beberapa waktu belakangan, kegiatan ini sudah tidak terlaksana lagi.(cdr)

(srn)

Baca Juga

First Media Gabungkan Layanan TV dan Internet

First Media Gabungkan Layanan TV dan Internet