Loopset Bluetooth Nokia Untuk Penderita Tuna Rungu

|

Loopset Bluetooth Nokia Untuk Penderita Tuna Rungu
HELSINKI - Tidak hanya menciptakan perangkat komunikasi untuk orang mampu. Nokia pun membuat sebuah perangkat yang dapat memberikan kemudahan berkomunikasi bagi tuna rungu.

Perangkat hearing aid ini dilengkapi dengan T-coil atau teknologi implantasi selaput telinga. Perangkat praktis ini dapat membantu para tuna rungu untuk berkomunikasi dengan orang lain di ponsel mereka. Penggunaan perangkat ini diprediksi akan membuat penderita tuna rungu merasa nyaman berkomunikasi. Pasalnya Loopset ini dipersenjatai dengan teknologi suara berkualitas dan selain dapat digunakan di ponsel, loopset ini juga kompatibel dengan perangkat-perangkat audio lainnya.

Loopset buatan Nokia ini diharapkan dapat mulai dipasarkan ke seluruh dunia pada kuartal pertama tahun depan dengan perkiraan harga 200 Euro, sebelum pajak dan subsidi.

"Dengan performa audio yang berkualitas, koneksi bluetootn, bebas noise dan interferensi, serta dapat digunakan di mana saja, bahkan kondisi berangin dan di dalam ruangan sekalipun, Nokia Wireless Loopset ini akan memberikan kenyamanan berkomunikasi di ponsel bagi para penderita tuna rungu," ujar Spesialis RnD Nokia Peeta Piiparinen, melalui keterangan resminya kepada Okezone, Sabtu (5/7/2008).

Selain penggunaannya yang cukup nyaman dan koneksi bluetooth, loopset Nokia ini juga dilengkapi dengan tombol-tombol dengan fungsinya masing-masing. Ada tombol untuk mengatur kejernihan suara si penelepon maupun orang yang diajak bicara, mengoptimalisasi jarak dan frekuensi respon suara, dan tombol tunggal untuk menerima panggilan.

Sebenarnya Nokia pernah meluncurkan produk yang sama 10 tahun lalu dengan seri Nokia LPS-1 dan menjadi produk hearing aid pertama di dunia. Namun seri terdahulu itu tidak mampu mengurangi noise dan gangguan suara saat berada di lingkungan yang ramai. Hebatnya, desain loopset ini diinspirasi dan dikembangkan oleh ilmuwan-ilmuwan Nokia yang memiliki keterbatasan pendengaran. Key Engineer Nokia Loopset adalah Mikko Haho, salah satu pemrakarsa sekaligus desainer untuk loopset hearing aid, yang juga memiliki keterbatasan pendengaran. (srn)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Sony Bantah Grup Hacker Retas PlayStation Network