Tepatkah Pemblokiran Akun Facebook Prabowo?

Facebook Prabowo yang diblokir

Tepatkah Pemblokiran Akun Facebook Prabowo?
JAKARTA - Pemblokiran akun Facebook milik Prabowo Subianto dilakukan lantaran tidak dikelola langsung oleh si empunya nama. Betulkah ada aturan demikian?

Berdasar penelusuran okezone, Jumat (24/7/2009), dalam term of use yang diberlakukan situs besutan Mark Zuckberg itu memang menegaskan adanya hak Facebook untuk menutup atau memblokir jika nama yang digunakan bukan yang sesungguhnya.

Artinya, penggunaan nama palsu atau nama samaran dilarang digunakan di sini. Maka, setiap pengguna harus mencantumkan nama asli, bahkan kalau perlu harus sesuai dengan identitas asli yang dipunya.

Facebook memang menyediakan menu settings, yang memberi kesempatan pengguna untuk mengubah-ubah nama akun sesuka hati. Namun Facebook akan mengecek setiap perubahan nama, sehingga tidak aneh bila nama yang diubah belum tentu berubah setelah beberapa jam atau bahkan beberapa hari setelah pengguna mensubmit nama baru tersebut . Ini untuk menghindari penggunaan nama yang mencurigakan.

Dalam beberapa kasus, memang ada nama akun yang tidak sesuai atau tetap menggunakan nama palsu. Itu bisa saja terjadi, kalau pengelola Facebook tidak mengetahuinya.

Yang menjadi permasalahan adalah, dalam kebijakan Facebook tidak tertulis kalau pengelolaan Facebook dilarang dioperasikan oleh orang lain. Terlebih dalam kasus Facebook Prabowo Subianto (FbPS), sang pemilik nama asli telah menyerahkan kekuasaan penuh kepada seseorang yang ditunjuk, untuk mengelola akun itu.

Kesimpulannya, akun Facebook tidak akan diblokir selama data yang digunakan untuk membuat situs pertemanan tersebut asli, atau tidak palsu. Tidak ada klausul yang melarang pengelolaan Facebook oleh orang lain yang diberi kuasa. (srn)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Sony Luncurkan Tablet 12 Inci di 2015?