o1 o2

Techno - Science


Fast Food Buat Otak Jadi Lemot

Rabu, 19 Agustus 2009 - 12:17 wib
text TEXT SIZE :  
Share
Rachmatunnisa - Okezone
Sering mengkonsumsi fast food seperti burger akan mengikis kemampuan otak (Foto: Daily Mail)

LONDON - Terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji atau biasa disebut fast food bukan saja berdampak pada obesitas. Lebih dari itu, makanan cepat saji secara perlahan bisa mengikis kemampuan otak.

Hasil penelitian yang dilakukan di Oxford University menyimpulkan bahwa makanan cepat saji berkolesterol tinggi seperti kari, kebab, burger, dan keripik bisa menurunkan kecerdasan.

Para peneliti melakukan uji coba terhadap tikus. Dalam studinya, para peneliti membandingkan dampak diet pada dua kelompok tikus. Kelompok pertama diberikan makanan rendak lemak dengan 7,5 persen kalori lemak. Sementara kelompok kedua diberikan diet makanan cepat saji yang berlemak tinggi dengan kandungan 55 persen kalori lemak.

Setelah 10 hari, hasil analisa menunjukkan makanan yang dikonsumsi tikus mampu merusak ingatan jangka pendek dan membuat mereka kurang waspada secara mental. Tikus-tikus ini pun menjadi malas karena mengalami penurunan kemampuan bergerak.

Ketua penelitian Andrew Murray mengatakan, ada keterkaitan erat antara makanan, cara berpikir, dan cara kerja tubuh.

"Sering mengkonsumsi makanan kaya lemak seperti makanan cepat saji menimbulkan dampak jangka panjang penyakit komplikasi obesitas, diabetes, dan gagal jantung. Sementara untuk dampak jangka pendeknya, orang seringkali mengabaikan," kata Murray, seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (19/8/2009).

"Kami harap penemuan ini akan menyadarkan orang agar serius dalam mengurangi asupan makanan tinggi lemak. Cara ini akan berdampak langsung terhadap kesehatan secara umum serta peningkatan kewaspadaan dan kecerdasan," tambahnya. (srn)

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terikini lewat http://m.okezone.com
Dapatkan okezone launcher untuk BlackBerry http://bb.okezone.com 
Share
o1 o2
o1 o2

0 komentar

[+lihat komentar]


o1 o2
o1 o2

Berita Lainnya

o3 o4