Lampu Tenaga Surya Sanyo Tahan 10 Tahun

Jum'at, 16 Oktober 2009 - 14:33 wib | Susetyo Dwi Prihadi - Okezone

Lampu Tenaga Surya Sanyo Tahan 10 Tahun Eneloop lantern buatan Sanyo yang mampu bertahan hingga 10 tahun mendatang (Foto: Setyo/okezone) JAKARTA - Sanyo Electric Corp menyerahkan sekitar 1.000 set eneloop lantern (lampu darurat bertenaga surya) berikut dengan solar charger atau charger bertenaga surya untuk membantu daerah Padang, Sumatera Barat, yang baru saja dilanda gempa. Lalu bagaimana sebetulnya keunggulan yang disematkan Sanyo di produk ini?

Dijelaskan Vice President & Chief Regional Officer Sanyo Electric Asia Pasifik Yoshiro Nakatani, lampu darurat bertenaga surya buatan Sanyo ini menggunakan teknologi light-emitting diodes (LED) yang mampu membuat pencahayaannya lebih terang dari lampu biasa. Teknologi LED ini yang membuat lampu darurat tenaga surya tersebut mampu bertahan lebih lama, bahkan sampai 10 tahun lamanya.

Ditambahkan juga oleh Vice President Director PT Sanyo Sales Indonesia Donny Korompis, dengan bantuan charger tenaga surya pengisian eneloop lantern bisa dilakukan dengan bantuan matahari.

"Untuk daya tahan lampu hingga 5 jam, enloop lantren Sanyo ini harus diisi ulang dengan tenaga matahari selama 4 jam," ungkap Donny, usai penyerahan 1.000 set enelop lantern dan solar charger untuk korban gempa Sumatera Barat, di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI), Jakarta, Jumat (16/10/2009).

Karena sifatnya yang menggunakan tenaga matahari, sudah barang tentu pengisian lampu tersebut tergantung cuaca di daerahnya. Memang kendala akan dihadapi, jika kawasan yang tersebut sering dilanda cuaca yang tidak bersahabat, seperti hujan ataupun mendung.

"Tapikan, tidak mungkin selama seminggu itu cuaca mendung terus, sewaktu-waktu pastikan ada panasnya juga. Lagipula, pemakaian lampu itu hanya malam saja, saat pagi lampu pasti akan dimatikan," tambahnya.

Melihat kemampuannya tersebut, Donny meyakini kalau lampu tersebut sangat pas bila ditempatkan di daerah yang mengalami bencana yang berakibat pada pemutusan aliran listrik.

Saat ini, eneloop lantern (lampu darurat bertenaga surya) berikut dengan solar charger baru pertama kali dihadirkan Sanyo, dan langsung diserahkan untuk korban gempa di Sumbar. Namun, dalam beberapa waktu ke depan, pihaknya akan menjualnya secara komersil kepada publik.

"Sanyo sedang mempersiapkan pameran untuk memperkenalkan lampu bertenaga surya ini di Indonesia," tandasnya. (tyo)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA ยป