Di China Game Online Sebabkan Kriminal

Di China Game Online Sebabkan Kriminal

Ilustrasi (Foto: Ist)

BEIJING - Stasiun televisi yang dikuasai pemerintah China menuding game online yang menyebabkan remaja di China mengalami kecanduan obat, kehamilan di luar nikah dan perbuatan kriminal seperti pembunuhan.

Saluran berita China Central Television (CCTV) membeberkan sebuah fakta dimana seorang remaja harus masuk penjara selama seumur hidup, hanya gara-gare melakukan pembunuhan saat berebut bermain game online. Bahkan dalam laporannya CCTV juga menyebutkan 80 persen remaja yang masuk penjara melakukan tindak kriminal yang bermula dari game online.

Selama ini, media di China telah lama mengkritik game online, dalam acara tersebut juga menceritakan kisah gadis berusia 14 tahun yang konon dipengaruhi oleh game menari online untuk memulai hubungan seks dengan orang-orang yang ditemuinya secara online. Game yang berjudul "Audition" itu mendorong kencan satu malam dan gadis itu telah melakukan dua kali aborsi.

Dilansir melalui AFP, Sabtu (26/12/2009), CCTV mengkampanyekan kepada orangtua agar mereka lebih memperhatikan anaknya saat bermain game online. Perlu ada aturan dan batasan agar si anak tidak kebablasan bermain di dunia maya tersebut.

Sebab dalam laporan Departemen Perlindungan anak di China melaporkan anak-anak itu menghabiskan waktu di warung internet yang sering penuh dengan perokok laki-laki muda menggunakan program pesan instan dan bermain game online.

(tyo)

Baca Juga

Hasil Kerja Sama, Rovio Hadirkan '<i>Angry Birds Evolution</i>'

Hasil Kerja Sama, Rovio Hadirkan 'Angry Birds Evolution'