Penjualan Printer di Indonesia Tumbuh 15%

Kamis, 14 Januari 2010 - 16:01 wib | Susetyo Dwi Prihadi - Okezone

Penjualan Printer di Indonesia Tumbuh 15% JAKARTA - Pada 2010 mendatang, pertumbuhan penjualan printer di Indonesia diprediksi akan mengalami kenaikan yang cukup siginfikan, sekira 15 persen.

"Menurut laporan IDC, penjualan printer di Indonesia pada tahun 2010 akan mengalami pertumbuhan sekira 15 persen. Dengan market share terbanyak dikuasai printer jenis tinta," jelas Mulia Dewi Karnadi, Managing Director Managing & Printing Group HP Indonesia, disela jumpa pers produk printer HP, di Hotel Intercontinental, Jakarta, Kamis (13/1/2010).

Ditambahkan Dewi, printer tinta masih akan menguasai pasar dengan pangsa sebesar 15 persen. Sedangkan untuk printer laser, yang tadinya diperkirakan akan ada penurunan hingga minus dua persen, IDC meralatnya menjadi plus lima persen.

Sementara itu menurut Andi S Hidayat, Product Manager Printing dan Imaging HP Indonesia pertumbuhan ini disebabkan karena dunia telah bangkit dari keterpurukan ekonomi, yang secara langsung akan berimbas juga kepada Indonesia.

"HP sendiri biasanya akan menargetkan pertumbuhan penjualan dua kali lipat dari sebelumnya," tegas Andy tanpa memperinci lebih jauh.

Ditambahkan Andi, untuk sektor printer berformat besar, HP sukses menguasai secara penuh di industri ini dengan market share hingga 70 persen. Ini yang membuat HP bisa melenggang sendirian.

"Kita juga mesti akui, printer berformat besar seperti ini tifak hanya didominasi perusahaan saja. Spending di goverment juga tinggi,loh" tambahnya.

Andi mencontohkan di Departemen Pajak mereka memiliki 200 printer format besar dari beragam merek. Mereka menggunakan itu di unit pajak PBB, untuk mencetak dari udara pemetaan daerah dan besaran pajak bumi bangunannya.

"Ini belum termasuk BMKg, Dephub, dan BPS. Dari kita belum ada data pasti, cuma dari seribu printer besar yang terjual, 15 persen dibeli pemerintah," tegasnya. (srn)

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA ยป