Manusia Purbakala Pakai Asesoris dari Tulang Manusia

Kamis, 12 Agustus 2010 - 06:17 wib | Ahmad Taufiqurrakhman - Okezone

MEXICO - Di utara kota Meksiko para ilmuwan menemukan tulang-belulang manusia yang dijadikan sebagai aksesoris.

"Tulang belulang dari sanak keluarga yang dijadikan sebagai kancing, jarum, sisir dan lain-lain. Orang-orang Teotihuacanos menggunakan batu yang  berbeda sebagai pisau untuk memindahkan daging dan otot dari tulang," ujar Abigail Meza Penazola, salah satu arkeolog yang melakukan penelitian ini, seperti dikutip dari National Geographic, Rabu (11/8/2010)

Jasad yang digunakan untuk asesoris harus sesegar mungkin, tambahnya, karena setelah seseorang meninggal, tulangnya menjadi terlalu rapuh untuk dipahat.

Penemuan tersebut berdasarkan analisis dari 5.000 fragmen tulang yang ditemukan di kota kuno Teotihacuan, sebuah situs besar arkelogi yang berlokasi sekitar 48 kilometer dari utara Meksiko City.

Ditambahkan Penazola, arkeolog dari National Autonomous University of Mexico (UNAM), tengkorak, tulang paha dan tulang kaki dijadikan sebagai alat-alat rumah tangga, sesaat setelah orang tersebut meninggal.

Rebecca Storey, ahli Teotihuacan di University of Houston, mengatakan bahwa pembuatan alat-alat dari tulang manusia cocok dengan kebudayaan masa lampau.

"Mereka tidak takut akan kematian," kata Storey. Menurutnya, mereka mengubur anggota keluarga mereka di bawah atau di sekitar rumah mereka.

Kota Teotihuacan di Meksiko, lebih dikenal dengan julukan Kota para Dewa, adalah salah satu kota urban kuno yang besar di Amerika.

Kebudayaan sebelum Hispanik tersebut diketahui mempraktikan pengorbanan manusia dan hewan, sebagai buktinya adalah tulang-tulang yang dikubur di kuil-kuil sebagai persembahan untuk para dewa.

Yang juga ditemukan oleh para ilmuwan adalah bahwa tulang-tulang yang digunakan untuk pembuatan alat-alat rumah tangga tersebut hanyalah tulang dari para orang dewasa (usia puncak), mungkin karena tulang dari anak-anak terlalu rapuh.

Tapi sampai saat ini para arkeolog UNAM belum tahu siapa yang membuat alat-alat dari tulang tersebut. (srn)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »