Blogger Sebar Daftar Murid Asing 'Bermasalah' di NTU

NTU

Blogger Sebar Daftar Murid Asing 'Bermasalah' di NTU
SINGAPURA - Seorang pengguna internet telah memposting daftar murid asing bermasalah di sebuah blog. Sayangnya daftar yang diberi tajuk 'academic blacklist' itu langsung di hilangkan setelah menimbulkan kontroversi.

Dilansir melalui Straits Times, Minggu (5/9/2010), blog bernama Liberating Truth tersebut mengaku mendapatkan nama-nama tersebut dari siswa lain. Nama-nama siswa dalam daftar tersebut berasal dari Nanyang Technological University (NTU).

Tidak hanyya foto dan nama, daftar tersebut juga berisi informasi jelas mengenai siswa bermasalah seperti tahun angkatan, jurusan, negara asal, dan lengkap dengan testimoni yang diklaim asli dari teman mereka sendiri.

Dalam postingannya, Libertaing Truth meminta kepada nama-nama tersebut untuk introspeksi diri, khususnya terkait perilaku mereka di sekolah. Bahkan ia meminta agar mereka berhenti menjadi pengganggu bagi siswa lain.

Liberating Truth menuduh deretan siswa yang ada dalam daftar tersebut sebagai pihak yang curang dalam perolehan penilaian akademik, tidak berkontribusi dalam setiap proyek yang dikerjakan dalam grup, bahkan selalu menyalin tugas milik siswa lain.

Meski telah dihapus dari blog tersebut, sang pemilik menawarkan untuk mengirimkan daftar nama kepada siapa saja yang meminta.

Pihak NTU sendiri menegaskan kepada seluruh siswanya untuk tidak berspekulasi dan membuat pernyataan apapun mengenai orang atau organisasi hanya berdasarkan rumor atau deksripsi wajah.

"NTU menganggap hal ini sebagai masalah serius. Sebelum siswa diterima belajar di NTU kami telah memberikan peringatan kepada mereka mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam penggunaan internet," ujar Dekan NTU bidang pendidikan, profesor Lok Tat Seng. (srn)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Sony Luncurkan Tablet 12 Inci di 2015?