Mitchell Baker, Wanita 'Rubah Api' Dibalik Kesuksesan Firefox

|

Mitchell Barker

Mitchell Baker, Wanita 'Rubah Api' Dibalik Kesuksesan Firefox
Logo 'Rubah Api' yang sering muncul di alat peramban Mozilla Firefox mungkin nampak tak asing bagi Anda. Tapi tahukan Anda, kalau logo tersebut menjadi inspirasi dari rambut yang agak 'nyeleneh' milik pendiri Mozilla, yaitu Mitchell Baker. 

Ya, Winifred Mitchell Baker, lebih dikenal hanya sebagai Mitchell Baker adalah Ketua Yayasan Mozilla dan mantan Ketua dan Chief Executive Officer dari Mozilla Corporation, sebuah anak perusahaan dari Yayasan Mozilla yang mengkoordinasikan pengembangan open source Mozilla, Internet aplikasi, termasuk Mozilla Firefox web browser dan email client Mozilla Thunderbird.

Kebetulan, hari ini Baker tengah mengunjungi Indonesia. Walaupun dalam kunjungannya itu dia hanya tinggal selama satu hari saja, itupun ditambah dengan jadwal padat yang menghampirinya selama di Indonesia.

"Saya hanya di Indonesia selama satu hari, setelah itu saya harus segera terbang ke Singapura. Ada beberapa urusan yang harus diselesaikan," tukasnya saat menerima okezone, di Hotel Interconntinental, Jakarta, Senin (27/9/2010).

Sebelum menjadi wanita berpengaruh dalam alat peramban Firefox, Baker terlebih dahulu mengenyam tugas sebagai pengacara. Dia mengkoordinasikan kebijakan bisnis dan duduk pada posisi kedua di Mozilla Foundation dan Mozilla Corporation. Pada tahun 2005, Baker masuk dalam daftar 100 orang yang paling berpengaruh di dunia versi majalah Time.

Sebelumnya, Januari 1990 hingga Oktober 1993, ia bekerja di Perusahaan dan Kekayaan Intelektual Associate di Fenwick & West LLP, praktik hukum yang mengkhususkan diri dalam memberikan jasa hukum kepada perusahaan-perusahaan teknologi tinggi. Dia kemudian bekerja untuk Sun Microsystems sebagai Associate General Counsel dari November 1993 sampai Oktober 1994

Baker berperan penting dalam penciptaan Mozilla Foundation, yang independen serta non-profit yang diluncurkan pada tanggal 15 Juli 2003. Beberapa tahun kemudian Baker menjadi Presiden Mozilla Foundation dan diangkat oleh lima orang Dewan Direksi.

Sempat beberapa kali dikabarkan akan digeser sebagai posisi tertinggi, pada tanggal 8 Januari 2008, Mozilla mengumumkan bahwa Baker, sementara tetap mempertahankan perannya sebagai Ketua Yayasan Mozilla, akan tidak lagi berfungsi sebagai CEO Corporation, dan bahwa Moco Chief Operating Officer John Lilly akan mengambil alih peran ini.

Pertumbuhan pesat Mozilla, membuat orang mulai respek dan angkat topi terhadapnya. Di masa depan, Baker akan fokus pada visi dan pesan dari proyek Mozilla, sedangkan meninggalkan hal yang tidak penting dalam menjalankan perusahaan dengan CEO Lilly.
(tyo)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Jawab Tantangan Samsung, Xiaomi Hadirkan Tablet 9,2 Inci Murah?