Menghindari Macet dengan LewatMana.com

Menghindari Macet dengan LewatMana.com

(gambar: screen-shot)

JAKARTA - Untuk mengantisipasi kemacetan di Jakarta yang kian hari kian menumpuk, kini sudah diluncurkan LewatMana.com, sebuah website yang berisi informasi-informasi real-time kondisi kemacetan di Jakarta, yang bisa diakses melalui PC dan ponsel.

Berdasarkan data SADE Research Institute UI, kemacetan di Jakarta saja sudah mengakibatkan kerugian trilliunan rupiah setiap tahunnya. Belum lagi kerusakan lingkungan akibat polusi, pemanasan global dan kerugian moril maupun emosional akibat stress dan kelelahan. Semuanya ini menurunkan efektivitas kerja dan dapat mengurangi kualitas hidup.

"Di LewatMana, kami menggunakan Google Maps API untuk menunjukkan kondisi lalu lintas secara langsung di jalan-jalan utama Jakarta, serta overlay video kamera lalu-lintas dan lokasi insiden lalu-lintas yang dilaporkan, seperti banjir, penutupan jalan dan kecelakaan. Peta ini akan menampilkan seluruh informasi di peta, memberikan gambar situasi lalu lintas terbaru yang akurat dan sesuai lokasi tertentu, kapanpun setiap hari, kepada pengguna dan sangat membantu mereka dalam mengetahui jalan-jalan yang harus mereka hindari karena situasi lalu-lintas," kata Hendry Soelistiyo, pendiri LewatMana.com

LewatMana.com menyediakan akses on-line bagi penggunanya ke berbagai jenis sumber daya, termasuk bermacam-macam materi mengenai lalu lintas baik berupa gambar, video, berita, peta dan lain-lain. Layanan ini dapat diakses melalui berbagai sarana atau peralatan yang ada saat ini atau yang akan dikembangkan kemudian, termasuk pada World Wide Web, layanan telepon seluler atau komunikasi (seperti SMS (Short Message Service), dan layanan Internet, telekomunikasi lainnya, atau protokol (seperti WAP (Wireless Application Protocol)).

"Setiap pengguna juga dapat mengakses gambar-gambar kamera lalu-lintas yang sama dalam layer 'Webcams' pada Google Maps karena integrasi dua-arah dengan platform geografis Google. Kemungkinan-kemungkinan yang dihadirkan oleh Google Maps dan Maps API sangat menarik dan kami berharap dapat mengeksplorasi cara-cara baru yang dapat ditingkatkan oleh platform ini untuk meningkatkan pengalaman pengguna di LewatMana," tambah Soelistiyo.

LewatMana membantu masyarakat yang sering bepergian (komuter) untuk merencanakan perjalanan mereka dengan lebih baik dan menghindari kemacetan di jalan dengan memberikan informasi lalu-lintas secara langsung lebih baik dan menghindari kemacetan di jalan dengan memberikan informasi lalu-lintas secara langsung melalui situs web di dekstop dan ponsel. Kami mengumpulkan informasi dari berbagai sumber data berbeda yang meliputi gambar dan video dari kamera CCTV, pesan teks yang dilaporkan langsung dari komuter yang sedang di perjalanan.

Dengan tersedianya live capture, feed dan informasi terkini kondisi lalu lintas di jalan raya dari LewatMana, diharapkan lalu lintas di Jakarta bisa terdistribusi dengan lebih baik.

(srn)

Baca Juga

Steve Jobs Orang Paling Berpengaruh Seperempat Abad Terakhir

Steve Jobs Orang Paling Berpengaruh Seperempat Abad Terakhir