Spesies Baru Mamalia Ditemukan di Madagaskar

Spesies Baru Mamalia Ditemukan di Madagaskar

gambar: AFP

ANTANANARIVO - Sebuah spesies mamalia karnivora terbaru yang hampir punah telah ditemukan di timur Madagaskar. Para ahli lingkungan mengaku telah menemukannya.

Binatang tersebut berwarna coklat dan mirip dengan mongoose ditemukan di daerah lembab di Danau Aalotra, danau terbesar di pulau Madagaskar. Demikian seperti yang dikutip dari AFP, Jumat (15/10/2010).

"Kami sebenarnya sudah tahu mengenai keberadaan mamalia ini beberapa tahun yang lalu tapi kami kira itu hanyalah spesies yang sudah kami ketahui sebelumnya," ujar Robert Bourou, seorang asisten peneliti dari Durell Wildlife Conservation Trust mengambil bagian di dalam operasi untuk menangkap spesimen Durell Vontsira di tahun 2004.

Binatang itu diberi nama Durrell Vontsira (Salanoia Durelli) oleh ahli lingkungan Inggris Gerald Durell, yang memimpin proyek konservasi tersebut di Madagaskar. Mamalia tersebut masuk ke dalam keluarga eupleridae, yang asli berasal dari Madagaskar.

Spesimen yang tertangkap membolehkan para ilmuwan di Natural History Museum, London, untuk meneliti spesies yang baru ditemukan tersebut. Para ahli khawatir kalau Durell Vontsira sudah terancam kepunahan.

"Spesies ini adalah spesies karnivora yang jumlahnya tinggal beberapa ekor saja dan juga adalah salah satu spesies terlangka di dunia," ujar Frank Hawkins dari Conservatorium International.

"Kebakaran di semak-semak dan jaragnya hujan juga ikut berkontribusi dari keringnya dataran basah Alaotra. Para ahli lingkungan pun sudah mencoba dalam beberapa tahun terakhir untuk meningkatkan kesadaran lokal akan pentingnya untuk melindungi keberagaman hayati.

"Kami harap penemuan ini akan mendorong penduduk lokal untuk melindungi daerah mereka," ujar Bourou.

Terakhir kali spesies baru mamalia karnivora ditemukan di Madagaskar adalah pada tahun 1986.

(srn)


Baca Juga

<i>Wow</i>, Peneliti Ungkap Rahasia Kekuatan Ketapel yang Sebanding Senjata Modern

Wow, Peneliti Ungkap Rahasia Kekuatan Ketapel yang Sebanding Senjata Modern