Nasib Microsoft Ditentukan Windows Phone 7

Nasib Microsoft Ditentukan Windows Phone 7

SAN FRANSISCO - Guna mengejar ketertinggalan di pasar sistem operasi smartphone global, Microsoft Corp berencana merilis sistem operasi baru bernama Windows Phone 7 pada 21 Oktober 2010. Firma riset Ovum menilai, Windows Phone 7 akan menentukan apakah Microsoft kompetitif di pasar sistem operasi smartphone atau tidak.

"jika smartphone Windows Phone 7 terjual dalam volume cukup besar, maka Microsoft layak terus bertarung di pasar smartphone global. tetapi, jika smartphone windows Phone 7 ternyata tidak laku, maka Microsoft sebaiknya melupakan pasar smartphone untuk selamanya," ujar Principal Analyst Ovum Tonny Cripps.

Karena smartphone Windows Phone 7 belum tersedia di pasar, Ovum mengaku tidak bisa memperkirakan bagaimana peluang Windows Phone 7 di pasar smartphone global. Namun demikian, Ovum menilai, Microsoft menjiplak mentah-mentah model bisnis Apple di pasar Smartphone. Di pasar smartphone, Apple mengandalkna sistem operasi iPhone OS (iOS), pada keluarga smartphone iPhone. Di pasar smartphone global, iPhone sukses besar karena didukung layanan konten multimedia dari iTunes Store.

Ovum menegaskan, Microsoft pun menggunkan strategi yang sama pada windows Phone 7. sebab, Windows Phone 7 diintegrasikan dengan layanan Xbox Live berfokus pada game.

"dengan windows Phone 7 Microsoft berniat merangkul para pecinta game. tetapi dengan dukungan browser yang kuat, windows Phone 7 sesungguhnya potensial juga untuk menarik minat para pengguna internet seluler kelas berat," tandas Cripps.

kendati Ovum tidak mengungkap perkiraaan kinerja pasar Windows Phone 7, firma riset gartner bersedia memberikan sekilas gambarannya. Gartner mengungkapkan, windows Phone adalah sistem operasi smartphone terbesar keempat di dunia pada 2009 dengan pangsa pasr global. gartner memperkirakan, pada 2010 peringkat windows Phone akan turun ke peringkat ke lima karena pangsa pasar global windows phone turun menjadi 4,7 persen.

Dengan dukungan Windows Phone 7 Gartner meyakini, pangsa pasar global Windows Phone akan meningkat menjadi 5,2 persen pada 2011. Namun demikian, Gartner menegaskan windows Phone tidak akan beranjak dari peringkat kelima pada 2011. Gartner memprediksi Windows Phone akan bertahan di posisi tersebut hingga 2014. Gartner pun menggaris bawahi, pada 2014 pangsa pasar Global Windows Phone bahkan akan kembali turun menjadi hanya 3,9 persen.

Gartner menjelaskan, pangsa Windows Phone di pasar sistem operasi smartphone global tidak kunjung meningkat karena digilas habis oleh iOS, Android, Blackberry dan Symbian.

(ugo)


Baca Juga

Mac OS X Rawan Serangan <i>Malware</i>?

Mac OS X Rawan Serangan Malware?