Mikroblog China Blokir Pencarian untuk Hillary Clinton

|

Hillary Clinton (Foto: Daylife)

Mikroblog China Blokir Pencarian untuk Hillary Clinton
BEIJING - Sebuah mikroblog populer China memblokir pencarian untuk senator dan mantan ibu negara Amerika Serikat, Hillary Clinton, menyusul pidatonya yang mengimbau sejumlah negara untuk mengakhiri sensor pada internet.
 
Sina, mikroblog asal China yang menyerupai Twitter, dikabarkan memblok upaya pencarian terhadap Hillary Clinton, Kamis (17/2/2011).
 
"Sebagaimana hukum, regulasi dan kebijakan yang berlaku, hasil pencarian itu tidak akan ditampilkan," demikian pernyataan situs mikroblog itu sebagaimana dikutip Reuters.
 
Awal pekan ini, Clinton menyatakan, negara-negara seperti China bisa mengalami kerugian ekonomi dan sosial jangka panjang yang bisa mengakibatkan keresahan di kalangan masyarakat, jika sensor dalam internet tetap berjalan.
 
China saat ini memiliki populasi internet terbesar di dunia, yakni 457 juta pengguna. Namun, Negara Tirai Bambu itu menetapkan sensor ketat terhadap konten internet yang bersifat sensitif. Bahkan, beberapa kali pemerintah memblokir total sebuah situs.
 
Facebook dan Twitter diblok sejak 2009, setelah terjadi keributan etnis di wilayah barat China, Xinjiang.
 
Sina sendiri merupakan layanan mikroblog menyerupai Twitter yang kini sudah mencapai lebih dari 50 juta user. Pada 2011, total user Sina diperkirakan bakal mencapai angka 100 juta.
(srn)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Angry Birds Transformers Hadir di Android