Tim Arkeolog Siap 'Bangkitkan' Kapal Kuno Mesir

|

Ilustrasi (gambar: ancientneareast.tripod.com)

Tim Arkeolog Siap 'Bangkitkan' Kapal Kuno Mesir
KAIRO - Sejumlah arkeolog asal Mesir dan Jepang tengah bersiap membangkitkan kapal kuno milik Raja Khufu yang terkubur di sekitar piramida Giza selama lebih dari 4.500 tahun.

Misi untuk mengangkat kapal kuno tersebut ke permukaan sudah dijalankan oleh Universitas Waseda (Jepang) dan pemerintah Mesir selama dua tahun terakhir.

Pihak pemerintah Mesir mengatakan proyek ini merupakan salah satu misi arkeologi terpenting bagi mereka. Demikian dilansir Straits Times, Jumat (24/6/2011).

Kapal kuno itu adalah satu dari dua kapal milik Raja Khufu, atau Cheops, pewaris keempat dinasti penguasa Mesir yang membangun Piramida Giza. Kapal-kapal bertenaga matahari kerap dikubur dalam makam raja karena masyarakat Mesir kuno meyakini kapal itu bisa membantu raja mengarungi kehidupan setelah mati.

Kapal milik Raja Khufu ini pertama kali ditemukan pada 1987 lalu di lubang besar yang tertutup 41 batu raksasa yang masing-masing berbobot 14,5 ton.

Kamis lalu, para ilmuwan mengangkat batu pertama dari lubang dan diperkirakan bakal memindahkan bagian dari kapal kayu tersebut untuk direstorasi dan dipasang kembali.
 
Rencananya, setelah diperbaiki nanti kapal itu bakal dipamerkan di Giza bersama kapal lainnya yang lebih dulu dipamerkan pada 1982 setelah direkonstruksi selama 13 tahun.
(ATA)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    MacBook Air 12 Inci Diproduksi Massal 2015