Prediksi, Komputer Akan Kenali Karakter Wajah Manusia

Kamis, 18 Agustus 2011 - 13:59 wib | Fiddy Anggriawan - Okezone

Prediksi, Komputer Akan Kenali Karakter Wajah Manusia Ilustrasi komputer yang dapat deteksi wajah manusia (sumber : Google) BARCELONA - Para peneliti sedang mengembangkan alat komputasi baru yang akan membantu komputer menentukan apakah sebuah wajah tergolong ke dalam kategori menarik atau membahayakan.

Menurut sebuah makalah yang baru dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE. Mario Rojas dan peneliti lain di Computer Vision Center dari Autonomous University, Barcelona, sedang bekerjasama dengan peneliti dari Departemen Psikologi Princeton University, untuk mengembangkan software yang mampu memprediksi sifat-sifat dalam beberapa kasus dengan akurasi melebihi 90 persen.

Karakteristik wajah memiliki peran penting bagi kita dalam melakukan penilaian terhadap orang lain setiap harinya. Rojas menjelaskan bahwa persepsi yang dominan telah terbukti menjadi bagian penting dari peran sosial di berbagai tahap kehidupan dan juga berperan dalam menentukan pemilihan pasangan hidup. Demikian seperti dikutip Science Daily, Kamis (18/7/2011).

Jika informasi mengenai evaluasi dasar wajah bisa dipelajari secara otomatis, maka ini dapat dimodelkan dan digunakan sebagai alat untuk merancang sistem interaktif yang lebih baik.

Tim mempelajari sejauh mana informasi ini dipelajari dari sudut pandang ilmu komputer. Secara khusus, pekerjaan ini dirumuskan untuk memprediksi 9 penilaian ciri wajah (menarik, kompeten, dapat dipercaya, dominan, berarti, menakutkan, ekstrovert, membahayakan dan menyenangkan) dengan menggunakan teknik mesin belajar (cabang kecerdasan buatan yang menggunakan contoh-contoh untuk mengajarkan bagaimana program ini bekerja).

Tim melatih dan menguji algoritma pada serangkaian gambar wajah buatan yang dihasilkan dalam studi sebelumnya. Dalam tes ini, orang diminta untuk menggambarkan dan menilai serangkaian gambar wajah dan hasil tersebut digunakan kembali untuk menghasilkan gambar wajah buatan, masing-masing terkait dengan ciri-ciri tertentu, seperti kepercayaan atau dominasi.

Para peneliti menggunakan bagian dari gambar ini secara bersamaan dengan label wajah buatan, untuk 'memprogram' komputer tentang bagaimana membaca wajah dan menguji akurasi prediksi menggunakan sisa gambar.

Tiga sifat yaitu dominan, membahayakan dan berarti, ditemukan bisa diprediksi dengan tingkat akurasi antara 91 hingga 96 persen. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan informasi apa yang berguna bagi komputasi dalam memprediksi wajah. Misalnya, mereka menemukan bahwa daerah sekitar mata berisi informasi lebih lanjut tentang daya tarik, sedangkan daerah sekitar mulut lebih berisi informatisi tentang kepedulian seseorang.

Para peneliti juga menggunakan kemampuan program prediksi tersebut pada sejumlah wajah selebriti, mereka menemukan bahwa hasilnya sangat konsisten dengan ide-ide umum masyarakat mengenai public figure. (tyo)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA ยป