Kenang Perjalanan ke Bulan, NASA Rilis Foto Baru

Salah satu Foto NASA yakni Apollo 17 (sumber : Google)

Kenang Perjalanan ke Bulan, NASA Rilis Foto Baru
FLORIDA - Untuk mengenang perjalanan ruang angkasa yang telah dilakukan, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis foto baru yang memperlihatkan tempat pendaratan Apollo 12, 14 dan 17.

Foto-foto tersebut menunjukan rangkaian perjalanan para astronot NASA yang berhasil melakukan pendaratan di berbagai tempat di luar angkasa. Semua foto itu di ambil oleh Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO). LRO merupakan pesawat ruang angkasa robotik NASA yang mengorbit di Bulan.

Sebagai contoh, para pecinta perjalanan ruang angkasa bisa melihat lokasi pendaratan Apollo 17, yang menetapkan jalur penjelajahan ke Bulan dengan sangat jelas. Lokasi ini juga memperlihatkan jejak kaki astronot terakhir yang meninggalkan Bulan. Jejak kaki para astronot mudah dibedakan dengan jalur ganda yang ditinggalkan oleh purwarupa penjelajah bulan. Demikian seperti dikutip TG Daily, Rabu (7/9/2011).

"Kita dapat menelusuri kembali langkah kaki astronot secara jelas, untuk melihat di mana mereka mengambil sampel bulan," cetus Nuh Petro, Ahli geologi Bulan dari NASA, Goddard Space Flight Center.

Hampir di setiap lokasi pendaratan terdapat jejak kaki dari para astronot Apollo Lunar Surface Experiments Package (ALSEP), yang memantau lingkungan dan permukaan bulan.

Foto-foto pendaratan Apollo yang baru saja dirilis oleh NASA ini menawarkan wawasan struktur bagian dalam yang terdapat di bulan untuk pertama kalinya. Selain itu, pecinta perjalanan luar angkasa juga dapat melihat permukaan bulan secara jelas.

"Gambar-gambar ini mengingatkan kita pada sejarah fantastis Apollo yang telah kami lakukan dan mengisyaratkan agar kita terus bergerak maju dalam eksplorasi tata surya," tambah Jim Green, Direktur Planetary Science Division di Markas Besar NASA, Washington. (tyo)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    November, Middle-earth: Shadow of Mordor Rilis di Xbox 360