Ditemukan Planet Sedingin Bumi

Ditemukan Planet Sedingin Bumi

Planet yang dinginnya mirip Bumi

LONDON - Spitzer Space Telescope berhasil mengamati gambar berisi obyek dingin di luar tata surya. Menariknya, planet ini kondisi seperti Bumi walaupun jauh lebih dingin.

“Temuan seperti planet ini merupakan obyek terdingin yang pernah difoto langsung dari luar tata surya. Biasanya kami hanya menemukan bintang sangat kecil yang memiliki suhu atmosfer serupa Bumi,” ujar Profesor astronomi Kevin Luhman seperti dilansir melalui UPI, Senin (31/10/2011).

Dia juga menambahkan, planet tersebut mirip bintang kerdil coklat seukuran planet bergerak menembus luar angkasa, bintang itu beriringin dengan bintang kerdil putih yang memiliki suhu sedingin Bumi.

"Pada dasarnya, apa yang kita telah menemukan adalah bintang yang sangat kecil dengan suhu atmosfer yang dingin seperti bumi," katanya.

Luhman mengatakan terbentuknya bintang kerdil coklat seperti awan debu dan gas raksasa. Namun karena massanya tak cukup untuk menyalakan reaksi thermonuklir di intinya, maka terjadilah bintang gagal yang sangat dingin.

(tyo)

Baca Juga

Yuk, Intip Proses Terjadinya Gerhana Matahari dari Luar Angkasa

Yuk, Intip Proses Terjadinya Gerhana Matahari dari Luar Angkasa