Ditemukan Anggrek yang Hanya Mekar Saat Malam

Bulbophyllum nocturnum (foto : The Telegraph)

Ditemukan Anggrek yang Hanya Mekar Saat Malam
NEW BRITAIN - Biasanya bunga akan mekar di pagi atau sore hari. Bunga anggrek yang satu ini berbeda, dia mekar justru pada malam hari.

Bunga bernama latin bulbophyllum nocturnum adalah anggrek pertama yang mekar setelah matahari terbenam dan pada dini hari. Bunga nokturnal seperti ini hanya terdapat pada sejumlah kecil spesies tanaman, diantaranya kaktus queen of the night, pokok bonglai atau midnight horror tree, dan jenis melati yang mekar di malam hari.

Dilansir melalui TheTelegraph, Selasa (22/11/2011), para ahli tanaman mengatakan, diantara 25.000 spesies anggrek yang telah diketahui, belum pernah ada jenis anggrek nokturnal. Kebanyakan anggrek melakukan penyerbukan dengan bantuan ngengat, terutama pada malam hari. Meskipun begitu, bunganya mekar dan tetap terbuka pada siang hari.

Bunga anggrek yang hanya mekar untuk satu malam ini ditemukan di pulau New Britain, sebelah timur laut Papua New Guinea, oleh Ed de Vogel, seorang ahli anggrek dari Belanda.

Ed de Vogel bersama dengan Andre Shuiteman, ahli anggrek dari Royal Botanic Garden, Kew, membentuk sebuah tim untuk meneliti spesies baru tersebut.

"Karena dari begitu banyak spesies anggrek yang telah ditemukan, tidak pernah diketahui sebelumnya ada anggrek yang melakukan penyerbukan pada malam hari. Ini tidak terduga sebelumnya," kata Schuiteman.

"Ini mengingatkan kita akan adanya penemuan mengejutkan yang masih bisa dibuat. Tapi, menemukan spesies yang hanya terdapat di hutan tropis purba seperti ini, sama dengan berlomba melawan waktu," jelas Schuiteman.

Dia menambahkan, "Seperti yang kita semua ketahui, hutan sejenis itu cepat menghilang. Sementara itu, untuk membuat penemuan seperti itu, dana kerja lapangan adalah sesuatu yang sangat penting." (tyo)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Inilah Teknologi LED Murah Pengganti Fosfor