Rilis Versi 3.3, Linux Berdamai dengan Android

Senin, 19 Maret 2012 - 17:55 wib | Yoga Hastyadi Widiartanto - Okezone

ilustrasi (foto : Google) ilustrasi (foto : Google) CALIFORNIA - Meskipun berasal dari satu garis keturunan dengan Linux, Android seringkali dianggap berbeda dengan garis utamanya. Kini, pada versi 3.3 yang baru dirilis pada 18 Maret, Android telah dibenamkan ke dalam sistem operasi Linux.

Diwartakan Slashgear, Senin (19/3/2012), penggabungan Android ke dalam Linux telah mengakhiri kontroversi tentang bagaimana caranya menyatukan kedua perangkat lunak open-source tersebut, sekaligus membuat para developer bisa lebih lugas dalam menciptakan aplikasi cross-platforms.

"Untuk waktu yang lama, kode dari proyek Android tidak bisa digabungkan dengan Linux karena adanya ketidaksetujuan antara para pengembang dari kedua proyek tersebut," tulis catatan perilisan Linux 3.3.

"Untungnya, setelah beberapa tahun perbedaan itu mulai diluruskan. Berbagai sub-systems serta fitur Android telah digabungkan dan ke  depannya akan ada lebih banyak lagi," tambah tulisan itu.

Munculnya keputusan ini dikatakan sebagai suatu usaha untuk menghindari percabangan yang signifikan dalam Android, meskipun para pengembang Android sendiri terus mengatur sistem operasi tablet dan ponsel cerdas.

Sedangkan perubahan lain ke Linux 3.3 termasuk dukungan untuk RAID, pemulihan RAID drive array yang lebih cepat dengan waktu stripping ulang yang berkurang ketika mengisi HDD baru, peningkatan dukungan ethernet, dan perubahan keamanan. (fmh)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA ยป