Android Sampai di Puncak, Windows Phone Menggeliat

Kamis, 29 Maret 2012 - 10:54 wib | Yoga Hastyadi Widiartanto - Okezone

Windows Phone Nokia Lumia (foto: yoga/okezone) Windows Phone Nokia Lumia (foto: yoga/okezone) LONDON - Sampai sejauh ini Windows Phone (WP) 7 dikatakan gagal menantang dominasi Android dan iOS. Namun ternyata hal tersebut pelan-pelan mulai berubah, seiring dengan para vendor yang mengurangi ketergantungan pada dua pemain utama.

Menurut data dari Kantar Worldpanel, di Inggris, ponsel cerdas yang mengadopsi WP7 sekarang telah melebihi jumlah Symbian. Dan wilayah lain di pasar terbesar Eropa pun menyusul untuk tumbuh.

Diwartakan European Communications, Kamis (29/3/2012), WP7 saat ini memiliki sekira 2,5 persen pasar ponsel cerdas di Inggris. Ini berarti peningkatan sekira dua persen pada periode 12 pekan yang sama seperti di tahun lalu. Sementara itu di Jerman, WP7 mengalami pertumbuhan 1,4 persen, satu persen di Italia, dan 0,9 persen di Perancis.

"Ada tanda-tanda kuat bahwa ponsel cerdas WP7 Nokia mulai berpengaruh pada pasar ponsel cerdas Eropa. WP7 mulai memperoleh perhatian, dan tampaknya kita akan segera melihatnya sebagai sistem operasi pilihan ketiga," terang Dominic Sunnebo, Director di lembaga riset Kantar.

Menurutnya, WP7 tidak akan terlalu diperhitungkan sampai nanti ketika persentase pangsa pasarnya telah mencapa dua digit. Prediksinya, sistem operasi besutan Microsoft tersebut akan mencapai pangsa pasar 8 sampai 10 persen pada akhir 2012. Demi hal itu, Nokia dan Microsoft punya banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.

Android sendiri masih jadi yang dominan di Eropa. Dalam data Kantar, diungkap sistem operasi besutan Google ini memegang pangsa pasar 48,5 persen di Inggris, 59 persen di Jerman, 45 persen di Perancis, 51 persen di Italia, dan 68 persen di Spanyol. (fmh)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA ยป