Google dan Samsung Umumkan Chromebook Baru

Google dan Samsung Umumkan Chromebook Baru

Chromebook Samsung (foto: TechRadar)

CALIFORNIA - Google dan Samsung telah mengumumkan sebuah desktop PC yang mengadopsi pemutakhiran sistem operasi Chrome OS. Sistem operasi dari Google ini mengandalkan jaringan internet untuk dapat mengoperasikan aplikasinya.

Pemutakhiran Chrome OS ini membuat tampilan keselurahannya cenderung menyerupai kombinasi Mac OS dari Apple dan Windows dari Microsoft. Produk baru ini diharapkan akan dapat merayu pengguna di segmen low-end.

Chrome OS mencoba memanfaatkan tren komputasi awan atau cloud. Hasilnya, baik Chromebook dan Chromebox menggantungkan diri pada konektivitas dan peramban Chrome berada di bagian depan sekaligus pusat sistem operasi tersebut

"Piranti keras generasi baru memiliki kecepatan dua sampai tiga kali lipat versi sebelumnya. Inilah yang membuat kami sangat bersemangat," ujar Vice President of Engineering Google, Lionel Upson.

Diwartakan TechRadar, Rabu (30/5/2012), yang pertama dalam rangkaian produk tersebut adalah Samsung Chromebook. Perangkat ini mengadopsi prosesor dari Intel, solid state drive (SSD) seluas 16GB serta RAM 4GB.

Selain itu juga terdapat touchpad yang telah dimodifikasi. Harganya dibanderol senilai USD449 atau USD549 untuk versi yang mendukung konektivitas jaringan 3G. Laptop ini dibangun berdasarkan Chromebooks yang pernah hadir sebelumnya dan kini memanfaatkan Chrome OS terbaru.

(yhw)

Baca Juga

Mac OS X Rawan Serangan <i>Malware</i>?

Mac OS X Rawan Serangan Malware?