Roket Soyuz Angkut Tiga Astronot ke ISS

Minggu, 15 Juli 2012 - 15:03 wib | Ahmad Luthfi - Okezone

Roket Soyuz Angkut Tiga Astronot ke ISS (Foto: Space) ASTANA - Roket Soyuz dari Russia, telah meluncur dan membawa tiga astronot menuju stasiun luar angkasa internasional atau International Space Station (ISS). Tiga awak pesawat luar angkasa itu mewakili Amerika Serikat, Jepang dan Rusia.

Dilansir Space, Minggu (15/7/2012), roket meluncurkan pesawat luar angkasa Soyuz TMA-05M dari Baikonur Cosmodrome di Kazakhstan pada pukul 10:40 p.m EDT. Ketiga astronot itu akan menuju ISS dan tinggal selama empat bulan.

Menurut siaran dari National Aeronautics and Space Administration (NASA), Soyuz meluncur memecah keheningan ke langit biru yang dihiasi awan. Ketiga astronot itu nantinya akan bergabung dengan kru yang telah ada di ISS untuk misi Expedition 32.

Trio astronot yang meluncur ini yaitu, astronot NASA Sunita Williams, kosmonot Yuri Malenchenko dari Rusia dan Akihiko Hoshide dari Aerospace Exploration Agency Jepang. William mengungkapkan sebelum penerbangan bahwa dirinya berharap bisa berada di ISS lebih lama dari waktu misi yang telah ditetapkan.

"Sayangnya, misi kami hanya empat bulan. Saya berharap ini akan bertahun-tahun. Saya sangat beruntung bisa terbang dengan Yuri dan Aki. Saya pikir kami akan memiliki banyak waktu," ujar William.

Ekspedition 32 akan dipenuhi dengan kegiatan, antara lain pemeliharaan stasiun luar angkasa, mengunjungi wahana kargo robot. Selain itu ada juga spacewalks (aktivitas extravehicular atau EVAs) serta percobaan ilmiah.

"Ada banyak pekerjaan yang dilakukan kru, seperti berlabuh, dockings dan EVAs. Selain itu kami akan mengalokasikan 35 jam per minggu untuk penelitian," tutur Program Manager ISS, Mike Suffredini. (fmh)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA ยป