Pesawat Berteknologi Hypersonic Jatuh di Samudera Pasifik

|

(Foto: Inautonews)

Pesawat Berteknologi Hypersonic Jatuh di Samudera Pasifik
WASHINGTON - Amerika Serikat mengembangkan pesawat udara tak berawak (X-51A) yang diklaim mampu terbang lebih cepat dari pesawat biasa. Namun, pesawat yang dijuluki siluman itu tenggelam di Samudera Pasifik ketika dilakukan pengujian penerbangan.

Dilansir Inautonews, Kamis (16/8/2012), pesawat udara canggih ini didesain untuk mencapai mach 6 (enam kali kecepatan suara) dengan target waktu selama lima menit (kabarnya mampu menempuh jarak dari New York ke London dalam waktu kurang dari satu jam). Akan tetapi, harapan itu tak terwujud, bahkan mesin pun tidak menyala.

"Sangat disayangkan bahwa ada masalah dengan subsistem ini. Menyebabkan terminasi (pemutusan) sebelum kami bisa menghidupkan mesin Scramjet," ujar Program Manager X-51A, Charlie Brink.

Charlie mengatakan, semua data menunjukkan tidak adanya kendala yang akan terjadi, karena mereka telah menciptakan sistem mesin dalam kondisi yang baik untuk pengapian mesin. "Kami sangat berharap dapat memenuhi tujuan pengujian kami," terangnya.

Juru bicara Pangkalan Udara Wing 88 di Wright-Patterson Air Force Base Ohio, Daryl Mayer mengatakan, pesawat uji coba itu diketahui pecah dan jatuh ke Samudera Pasifik dekat Point Mugu, sebelah barat laut Los Angeles.

WaveRider tidak membawa senjata, namun dirancang untuk membuka jalan senjata hypersonic. National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan Pentagon mendanai riset penerbangan hypersonic di tiga pusat nasional lintas negara.

KTLA melaporkan, mereka menyebut pengembangan pesawat itu dengan teknologi siluman yang baru. Dengan kemampuan pesawat yang dapat melesat lebih cepat dari tembakan musuh.

Setelah kegagalan uji coba penerbangan pesawat dengan teknologi hypersonic itu, ada satu pesawat X51-A yang masih tersisa. Namun, belum diketahui apakah pesawat tersebut akan diluncurkan untuk pengujian yang serupa. (fmh)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Indocomtech 2014 Dibanjiri Powerbank Murah Diskon 50%