HTC Desire VC, Si Tangguh dengan Kemampuan Dual-On

Jum'at, 14 September 2012 - 16:54 wib | Ahmad Luthfi - Okezone

HTC Desire VC, Si Tangguh dengan Kemampuan Dual-On HTC Desire VC (Foto: Luthfi/Okezone) HTC meluncurkan beragam smartphone andalan terbarunya di tahun ini. Menghadirkan lini produk smartphone terbaru yang berjalan di sistem operasi Android 4.0, perusahaan produsen perangkat telefon genggam yang berkantor pusat di Taiwan itu tampak berupaya menggaet minat pengguna gadget Tanah Air dengan menawarkan smartphone berkemampuan Dual SIM, HTC Desire VC.

HTC Desire VC merupakan bagian dari keluarga HTC Desire, dengan saudaranya yakni seri  V serta C. Ketiga smartphone tersebut telah diperkenalkan di Indonesia pada awal Juni lalu dengan banderol harga yang beragam, mulai dari kisaran Rp2,5 Juta (HTC Desire C), Rp2,999 Juta (HTC Desire VC) dan Rp3,2 juta - Rp3,5 juta (HTC Desire V).

Untuk HTC Desire V dan Desire C, keduanya sama-sama memiliki kemampuan Dual SIM GSM dan GSM. Salah satu perbedaan kedua smartphone tersebut tertelak pada dapur pacu prosesornya, HTC Desire C mengadopsi prosesor 600Mhz, sedangkan Desire V tampil dengan kemampuan prosesor 1Ghz. Sementara HTC Desire VC yang kebetulan mampir ke kantor Okezone, mendukung Dual SIM GSM dan CDMA serta tampil dengan kekuatan single core prosesor 1GHz (Cortex-A5) dengan memori RAM 512MB .

HTC Indonesia beberapa waktu lalu telah memperkenalkan Desire VC dan menggandeng provider operator seluler Smartfren sebagai bentuk kerjasama (produk bundling). Smartphone ini mendukung SIM GSM dengan jaringan GPRS Triband (900/1800/1900 MHz), sementara CDMA 2000 (800MHz), EVDO Rev.A.
Tampilan Fisik

Sekilas, tampak tak ada perbedaan pada tampilan fisik smartphone HTC Desire VC dengan smartphone HTC kelas high-end seperti seri one X maupun S. Smartphone tersebut sama-sama mengusung layar mulai dari besaran 4 inci hingga ke atasnya, selain itu juga memiliki susunan tiga tombol sentuh pada tampilan depannya yang serupa.

HTC Desire VC tampil dengan layar sentuh kapasitif 4 inci (WVGA) dengan resolusi 480 x 800 pixels. Tampilan smartphone berwarna hitam dengan lingkaran merah yang elegan di bagian tepi kamera belakangnya. Memiliki ukuran tubuh 119.5mm x 62.3mm x 9.42mm dan berat sekira 118 gram, smartphone ini menawarkan keunggulan dalam sisi bentuknya yang ramping, ringan serta mudah dibawa bepergian, termasuk memasukkannya ke dalam saku.

Kenyamanan ketika digenggam semakin terasa, karena HTC Desire VC memiliki desain permukaan bergaris-garis (tidak sepenuhnya rata) di bagian belakang (tepat di sekitar logo HTC). Sehingga, smartphone tidak terasa licin ketika digenggam. Tombol power terletak di bagian sisi atas smartphone, yang posisinya berdekatan dengan jack audio stereo 3.5 mm.

Pada bagian bawah layar, terdapat tiga tombol sentuh yang sejajar dengan fungsi back, home dan recent apps. Di bagian sisi kanan smartphone ini, terdapat tombol pengaturan volume (+/-). Hanya saja, desain tombolnya hampir rata dengan permukaan sisi smartphone, sehingga terasa agak sulit dalam menekan tombol tersebut. Sementara di bagian kiri, terdapat tombol port Micro-USB yang berfungsi sebagai konektivitas serta melakukan pengisian baterai.

Untuk membuka bagian penutup baterai dan memasukkan SIM Card, pengguna dapat melakukan tarikan dengan arah berlawanan menggunakan dua jari (telunjuk kiri dan kanan)pada lubang kecil yang berbentuk memanjang di bagian bawah smartphone. Ketika telah berhasil membuka bagian penutupnya, tertampil dua slot SIM Card (CDMA dan GSM) dan juga kartu memori, MicroSD.

Fitur
Smartphone HTC kelas Desire memang tidak sebanding dengan seri HTC One. Spesifikasi maupun banderol harga, jelas menunjukkan perbedaan kecanggihan kedua seri smartphone tersebut. Akan tetapi, seperti sebuah frasa kalimat yang berbunyi, "ada harga, ada barang", maka siapapun yang berkeinginan untuk memiliki smartphone HTC terbaru dengan banderol harga yang cukup terjangkau, boleh melirik seri HTC Desire yang satu ini.

Memiliki tampilan interface HTC Sense UI v4.0 serta kemampuan Dual SIM, dimana seseorang boleh beranggapan bahwa smartphone ini bagaikan dua ponsel (GSM dan CDMA) yang dilebur menjadi satu perangkat mutakhir dan mampu aktif secara bersamaan, smartphone ini juga telah menawarkan fitur lengkap serta dukungan Beats Audio.

Beats Audio menawarkan kualitas suara terbaik melalui speaker yang terletak di bagian bawah smartphone (sisi belakang). Suara yang dikeluarkan melalui earphone bawaan HTC ini juga terdengar begitu jernih serta menampilkan detail suara, baik treble dan bass yang apik. Perihal multimedia, HTC Desire VC mendukung format audio seperti .aac, .amr, .ogg, .m4a, .mid, .mp3, .wav, .wma. Selain itu dukungan format video seperti .3gp, .3g2, .mp4, .wmv (Windows Media Video 9), .avi.

Perihal kemampuan mengabadikan gambar, HTC Desire VC sudah dibekali dengan kamera 5MP (resolusi 2592 x 1552). Kamera dapat merekam video Widescreen (800 x 480), memiliki fitur efek untuk foto seperti grayscale, sepia, negative, solarize, posterze dan aqua. Selain memiliki fitur zoom in dan zoom out secara mulus, smartphone ini juga dilengkapi dengan kemampuan autofokus serta lampu LED flash dengan pengaturan Automatic, sehingga lampu hanya akan menyala apabila kondisi ruangan dalam keadaan kurang cahaya. Tak ketinggalan, fitur pintar lainnya seperti face detection untuk mendeteksi wajah serta auto smile capture yang dapat menangkap gambar wajah seseorang dalam posisi tersenyum.

Beberapa fitur lain seperti Stereo FM Radio (RDS), dukungan A-GPS, serta Maps disematkan dalam smartphone ini. Selain itu, untuk konektivitas, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, DLNA, bluetooth v3.0 (A2DP) serta storage untuk menyimpan data internal sebesar 4GB dan dukungan MicroSD hingga 32GB. Perihal kekuatan baterai, HTC Desire VC mengandalkan baterai standar Li-Ion 1650 mAh.

Dengan kemampuan Dual SIM (Dual On), maka smartphone juga akan menyerap daya baterai lebih besar ketimbang smartphone dengan dukungan SIM Card tunggal. Apabila kondisi di beberapa daerah atau area terkadang sulit mendapatkan sinyal, maka smartphone akan menghisap daya baterai lebih kuat.

Pengalaman Penggunaan
HTC Desire VC mengusung lebar ukuran layar yang bisa dikatakan sesuai dengan tren smartphone masa kini. Dengan layar 4 inci, smartphone ini cocok untuk membaca maupun mengetik teks dengan cukup nyaman. Selain itu, layar bidang tersebut juga terasa nyaman untuk menonton film atau video serta bermain game.

Kinerja prosesor inti tunggal 1Ghz cukup mampu menjalankan berbagai aplikasi game dengan lancar, seperti Angry Birds dan Frontline Commando. Kendati demikian, dengan memori RAM 512M, loading game Frontline Commando terasa memakan waktu sedikit lebih lama. Selain itu, ketika memutar video high definition 720p, frame per detik yang dihasilkan terlihat kurang sempurna untuk mampu memanjakan mata dengan menampilkan gerakan objek dalam film secara mulus.

Seyogianya pengguna harus berhati-hati pada layar smartphone ini, karena belum ter-built-in dengan protektor bawaan pabrik. Sangat disarankan memberikan pelindung layar tambahan, agar layar smartphone terlindungi dari goresan. Selain itu, suhu smartphone ini bisa melonjak ketika melakukan pemotretan gambar secara terus menerus. (fmh)

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »