PLTN Bakal Dibangun di Sumatera, Jawa & Bali

ilustrasi: Ist

PLTN Bakal Dibangun di Sumatera, Jawa & Bali
JAKARTA - Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) tinggal menunggu lampu hijau dari pemerintah. Nah, ketika pemerintah memberikan jalan bagi Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) untuk melaksankan pembangunan PLTN, dimanakah fasilitas tersebut akan dibangun?

Kepala Pusat Pengembangan Energi Nuklir (PPEN) - BATAN, A. Sarwiyana Sastratenaya mengatakan, pembangunan PLTN diprioritaskan sesuai dengan kebutuhan. Sejauh ini Sumatera, Jawa, dan Bali menjadi daerah yang diprioritaskan. Dengan demikian PLTN akan dibangun di daerah tersebut.

"Pengguna paling banyak ada di pulau  Jawa, Sumatera, dan Bali. Jadi kita akan bangun di daerah tersebut," kata A. Sarwiyana di Jakarta, Kamis (27/9/2012). 

Sementara itu dalam pembangunan PLTN, Sarwiyana juga memberikan catatan teknis, di mana unit PLTN tidak boleh melebihi dari 15 persen kebutuhan listrik. Hal ini dikarenakan karena pada saat fasilitas PLTN sedang memasuki masa perawatan pada dua tahun sekali, distribusi listrik ke pelanggan terganggu.

"Misalnya suatu daerah membutuhkan 10 ribu megawatt, jadi unit tersebut hanya memiliki kapastitas seribu megawatt dan tidak boleh melebihi," terang Sarwiyana.

Dengan dibangunnya fasilitas PLTN di Tanah Air, diharapkan akan mengurangi krisis listrik yang kerap terjadi di pulau Sumatera, Jawa, dan Bali.

Seperti diketahui, saat ini fasilitas penghasil listrik hanya 35 Gigawatt dan diproyeksikan pada 2025 fasilitas penghasil listrik tanah air harus mencapai 155 Gigawatt.
(amr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Facebook Diminta Ungkap Identitas Penyebar Gambar Porno