Ilmuwan Bikin Robot Pintar Mirip Lebah Asli

|

(Foto: Redorbit)

Ilmuwan Bikin Robot Pintar Mirip Lebah Asli
LONDON - Ilmuwan dari Universities of Sheffield dan Sussex mengembangkan desain purwarupa robot lebah yang dapat bergerak otomatis tanpa perlu diperintah oleh pembuatnya. Robot pintar tersebut akan memiliki "otak" yang dibenamkan untuk dapat terbang dan bergerak sesuai keinginannya.

Dilansir Redorbit, Selasa (2/10/2012), mesin yang ditanamkan pada robot ini, kabarnya akan mampu bergerak lebih cepat ketimbang manusia. Selain itu, robot diprogram untuk dapat "berpikir" untuk menemukan objek serta kemampuan serupa indera penciuman untuk mengenali bau tertentu.

Laporan dari Universities of Sheffield dan Sussex menjelaskan bahwa "otak" pada robot lebah itu didesain untuk tidak hanya meningkatkan Artificial Intelligence (AI). Namun, robot itu juga dikembangkan menjadi robot pertama yang dapat terbang serta bergerak tanpa diperintah oleh penciptanya.

Apabila pengembang robot, James Marshall dan Thomas Nowotny berhasil menciptakan "otak" untuk robot terbang tersebut, maka robot tersebut dapat melakukan tugas-tugas rumit yang serupa dengan hewan maupun serangga lainnya.

Tidak hanya itu, laporan juga mengungkapkan bahwa robot itu nantinya dapat difungsikan untuk misi pencarian dan penyelamatan. Bahkan, konon robot itu dapat dimanfaatkan guna menggantikan posisi lebah asli dalam proses penyerbukan tanaman.

"Pengembangan 'otak' buatan merupakan salah satu tantangan terbesar dalam Artificial Intelligence. Sejauh ini, peneliti telah mempelajari otak dari beberapa makhluk hidup seperti tikus, kera dan manusia," jelas Marshall. Ia juga mengatakan bahwa serangga memiliki kehidupan sosial pada habitatnya, dan ini merupakan kemampuan kognitif yang canggih.

Proyek bernama "Green Brain", sebagian didukung oleh produsen prosesor grafis NVIDIA. Proyek ini juga bertujuan membangun perangkat "Blue Brain", yang mendapatkan bantuan dari IBM untuk mendukung gagasan yang lebih kompleks, yaitu mereplika otak manusia. (fmh)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Gratis iPhone 5C untuk Pembelian Macbook Air di Indocomtech