Awal 2013, Intel Pentium Ivy Bridge Diluncurkan

(Foto: Softpedia)

Awal 2013, Intel Pentium Ivy Bridge Diluncurkan
CALIFORNIA - Intel mengumumkan prosesor andalan terbarunya, Intel Pentium berbasis Ivy Bridge yang akan diluncurkan awal 2013. Produk ini sekaligus memperkaya jajaran produk prosesor Intel yang diluncurkan tahun depan, setelah beberapa waktu lalu Intel juga telah mengumumkan ketersediaan Celeron Ivy Bridge pada 2013.

Dilansir Softpedia, Kamis (18/10/2012), seri Pentium mungkin tidak mendapatkan banyak perhatian, ketimbang seri Intel Core. Namun, lini produk prosesor yang berbeda ini tentu memiliki keunggulan di kelasnya masing-masing.

Central processing units (CPU) seri Intel Pentium, telah diposisikan sebagai prosesor PC yang mencakup pengguna yang luas. Seri prosesor ini menggunakan kombinasi, yaitu kinerja yang baik serta harga yang rendah.

Seri Intel Pentium dikatakan sebagai prosesor mid-range (kelas menengah) yang dibesut perusahaan asal Santa Clara Amerika Serikat tersebut. Prosesor Intel Pentium juga disebut-sebut lebih kuat ketimbang Atom dan Celeron, namun kemampuannya masih dibawah seri Intel Core dan Xeon.

Sebuah laporan mengklaim bahwa Intel kini tengah bekerja, untuk menggarap prosesor baru, chip bertenaga rendah yang akan muncul di kuartal pertama 2013 (Januari - Maret). Dinamakan Pentium G2020T, prosesor ini akan dirancang dengan mikro-arsitektur Ivy Bridge serta menggantikan seri G645T "Sandy Bridge".

Pentium G2020T ini kabarnya mengusung efisiensi tenaga. Selain itu, tampil dengan thermal design power (TDP) 35W, yang bisa digunakan untuk berbagai fungsi pekerjaan. Prosesor dengan fitur dual-core 3MB L3 cache memory ini akan terintegrasi dengan grafis HD (stok 650 MHz dan frekuensi Turbo maksimal 1050 MHz) dan tidak memiliki fitur Hyper-Threading.

Frekuensi prosesor ini, kabarnya akan mengusung 2,5GHz per inti dan memori controller akan mendukung RAM DDR3-1333. Secara keseluruhan, dibandingkan dengan seri G645T, prosesor G2020T akan sedikit lebih cepat serta memiliki bandwidth memori yang lebih tinggi. (fmh)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Remaja 15 Tahun, Habiskan Setengah Miliar untuk Aplikasi iPhone