Dinosaurus Unik Ini Berkepala Mirip Helm

Dinosaurus Unik Ini Berkepala Mirip Helm

(Foto: ABC Science)

WASHINGTON - Fosil yang ditemukan para peneliti, mengungkap temuan dinosaurus yang dikenal dengan nama pachycephalosaurs. Nama ini menunjukkan arti bahwa dinosaurus tersebut memiliki kepala tebal, yang dikatakan mirip helm yang biasa dipakai para atlet football.

Dilansir ABC Science, Jumat (19/10/2012), ilmuwan menduga bahwa bentuk kepala unik dinosaurus tersebut digunakan untuk bertempur dan beradu kekuatan dengan dinosaurus lainnya. Penelitian terkini mengungkap beberapa bukti baru terkait perilaku bermusuhan di antara spesies dinosaurus tersebut.

"Perlaku agresif tak terkendali di hewan vertebrata modern, tak terkecuali (beberapa) burung dan buaya," ujar Joseph Peterson, yang mempresentasikan penelitiannya di Society of Vertebrate Paleontology, North Carolina.

Ia mengatakan, beberapa hewan vertebrata atau hewan bertulang belakang saat ini juga memiliki perilaku agresif untuk menyerang musuhnya. Misalnya saja buaya yang memiliki perilaku menyerang buaya lain menggunakan gerakan kepalanya, selain itu burung yang mematuk menggunakan paruhnya.

Ilmuwan mengatakan, hanya pachycephalosaurs yang merupakan salah satu hewan purbakala yang memiliki bentuk kepala unik dan berfungsi untuk "menyeruduk" lawannya. Para ilmuwan, termasuk Peterson dari departemen geologi University of Wisconsin dan timnya, membandingkan luka pada tulang burung, buaya serta mamalia (terutama mamalia yang bertanduk).

Penyelidikan tersebut mengungkapkan, dinosaurus pachycephalosaurs merupakan hewan purbakala yang mampu bertarung menggunakan bagian kepalanya yang keras. Hal ini dikatakan serupa seperti domba Dall atau bison. Ilmuwan juga menemukan Stegoceras, yakni dinosaurus yang berukuran lebih kecil dan memiliki kemampuan bertarung dengan cara menyeruduk lawannya, mirip kambing gunung.

(fmh)

Baca Juga

Teleskop NASA Tangkap Bulan yang Mengorbit di Planet Kerdil

Teleskop NASA Tangkap Bulan yang Mengorbit di Planet Kerdil