Cyber Crime Target Bisnis Perusahaan

|

Ilustrasi (Foto: Tonyocruz)

Cyber Crime Target Bisnis Perusahaan
JAKARTA - Pembelaan infrastruktur perusahaan dalam melawan serangan bertarget menjadi tantangan utama bagi para praktisi keamanan IT. 52% dari spesialis IT percaya penyerangan bertarget ini akan menjadi lebih sering, berdasarkan survei yang diadakan oleh B2B International pada bulan Juli 2012 yang lalu.

Melalui keterangan resmi yang diterima Okezone, Minggu (11/11/2012), satu dari tiga spesialis IT yang disurvei (33%) percaya bahwa lambat laun perusahaan mereka akan menghadapi penyerangan cyber bertarget. Hal ini penting, spesialis IT perlu mempersiapkan berbagai cara untuk mempertahankan infrastruktur mereka – server, workstation, perangkat seluler perusahaan dan lain-lain.

Spesialis IT harus mampu mengantisipasi dan melawan penyerangan bertarget yang berusaha untuk mencuri data dan menyabotase operasi. Kebutuhan akan pengukuran semacam ini sangat genting, seperti yang ditemukan dalam survei bahwa penyerangan bertarget dianggap sebagai ancaman tiga teratas yang paling sering terjadi di masa yang akan datang.

Melihat kemungkinan serangan yang ditargetkan pada bisnis, B2B International bertanya pada manajer dan spesialis IT tentang jenis malware tertentu yang dapat digunakan sebagai senjata cyber. Ternyata hanya 27% telah mendengar tentang Stuxnet, dan 13% tentang Duqu. Para musuh paling akrab adalah Trojan yang dirancang untuk mencuri data pengguna – seperti SpyEyeand ZeuSturned yang diketahui oleh 31% dari responden.

B2B International mengadakan survei ini sebelum contoh penyerangan bertarget Madi terdeteksi, di mana penyerangan menargetkan infrastruktur perusahaan mesin, organisasi pemerintahan, bank dan akademis di Timur Tengah dan ditujukan pada korban yang berhubungan dengan organisasi tersebut.

Sementara itu, beberapa perusahaan solusi keamanan, termasuk para ahli dari Kaspersky Lab mengadakan survei gabungan khusus dengan perusahaan Israel Seculertand yang membagikan hasilnya pada Securlist.com. Untuk informasi lebih rinci mengenai cara-cara perlindungan workstation karyawan, termasuk saran mengenai penyerangan bertarget, Anda bisa mengunjungi situs Kaspersky Lab “Be Ready for What’s Next”.
(fmh)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Apple Luncurkan Halaman iTunes Tumblr