Lagi, NASA Bakal Luncurkan Robot Penjelajah ke Mars

|

Robot Curiosity (Foto: Chinadaily)

Lagi, NASA Bakal Luncurkan Robot Penjelajah ke Mars
CALIFORNIA - National Aeronautics and Space Administration (NASA) tampaknya masih belum puas dengan hasil observasi yang dilakukan robot penjelajah rover Curiosity senilai USD2,6 miliar. Badan antariksa asal Amerika Serikat itu dikabarkan segera meluncurkan kembali robot penjelajah ke planet merah.

Dilansir Dailycamera, Rabu (5/12/2012), NASA baru-baru ini mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk meluncurkan mega-rover ke Mars di 2020. Desain robot itu kabarnya tidak jauh berbeda dengan model Curiosity yang kini telah populer.

Untuk menjaga biaya agar tidak terlalu tinggi, insinyur akan meminjam kerangka atau blueprints Curiosity. Ini diperlukan agar insinyur mampu menetapkan, membangun dan menggunakan teknologi yang sudah terbukti.

Teknologi ini seperti sistem pendaratan yang mampu mengirimkan rover berukuran mobil dalam sebuah kawah kuno, yang berhasil dilakukan pada Agustus 2012 kemarin. Pengumuman peluncuran robot yang akan dikirim ke Mars ini muncul terkait program eksplorasi Mars selama masa fiskal yang sulit.

"Jika kami melakukannya sekarang, kami dapat membangun satu dengan harga serendah mungkin," ujar John Grunsfeld, Sciences Chief NASA. Ia mengatakan, seperti Curiosity, misi akan dikelola oleh Jet Propulsion Laboratory NASA, namun rincian lainnya masih perlu direncanakan seperti di mana rover itu akan mendarat serta instrumen apa saja yang akan dibawa robot tersebut.

NASA mengungkapkan, robot penjelajah Mars terbaru nantinya harus dapat mengambil tanah dan batuan Mars ke Bumi. Curiosity saat ini tidak memiliki kemampuan tersebut.

Jim Green, Director of NASA's Planetary Science Division mengatakan hambatan mengenai mesin telah diperbaiki. Ia berharap rover terbaru akan menelan biaya yang lebih rendah. Estimasi biaya yang terungkap yakni USD1,5 miliar. (fmh)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Gratis iPhone 5C untuk Pembelian Macbook Air di Indocomtech