Prediksi Kiamat 2012 adalah Sebuah Kesalahan

ilustrasi (foto: Live Science)

Prediksi Kiamat 2012 adalah Sebuah Kesalahan
WASHINGTON - Dunia tidak berakhir pada 21/12/2012. Prediksi kiamat yang diklaim berdasarkan kalender suku Maya ternyata hanyalah sebuah kesalahpahaman.

"Sejak awal, seluruhnya adalah sebuah kesalahpahaman. Kalender Maya tidak berakhir pada 21/12/2012 dan tidak ada ramalan suku Maya yang memprediksi datangnya kiamat pada tanggal tersebut," terang Director of the Center for Archaeoastronomy, John Carlson.

Dilansir dari NASA, Sabtu (22/12/2012), Carlson adalah seorang ahli astronomi keras kepala yang mulai tertarik fenomena 2012 sejak mempelajari suku Maya pada tahun 70-an.

Hal paling menarik baginya adalah pemikiran suku Maya mengenai waktu. "Skala waktu yang digunakan suku Maya lebih besar ketimbang yang digunakan oleh astronom modern saat ini," ujarnya.

Dia menjelaskan, menurut ilmu pengetahuan, Big Bang terjadi pada 13,7 miliar tahun yang lalu. Namun di reruntuhan suku Maya, terdapat referensi waktu dan tanggal yang merentang melebihi miliaran tahun lalu.

Kalender hitungan panjang milik suku Maya dirancang untuk membuat orang tetap memahami jalur interval waktu yang panjang itu. "Ini adalah sistem kalender paling rumit yang pernah dikembangkan oleh manusia," imbuh Carlson. (yhw)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Sony Luncurkan Tablet 12 Inci di 2015?