Peneliti Ungkap Gaya Hidup Manusia Purba

|

Batu peninggalan zaman mesolitikum (Foto: Historyking)

Peneliti Ungkap Gaya Hidup Manusia Purba
LONDON - Penelitian yang dilakukan oleh University of Reading yang berbasis di Inggris, mengungkap kehidupan manusia purba di zaman mesolitikum. Zaman mesolitikum disebut juga sebagai Zaman Batu Pertengahan yang terjadi di sekira 10.000 sampai dengan 4.000 tahun lalu.

Dilansir Stonepages, Kamis (17/1/2013), peneliti di Department of Archaeology mengungkap bahwa manusia purba di era mesolitikum tidak hanya berburu dan mengumpulkan makanan. Peneliti meyakini bahwa di masa silam, manusia purba tersebut telah mengenal sistem bercocok tanam atau bertani.

"Menggabungkan temuan kami dengan pohon-pohon, serbuk sari dan serangga. Kami dapat membangun gambar dari hubungan lingkungan berburu dan mengumpulkan makanan di zaman mesolitikum," tutur profesor Martin Bell.

Bukti yang meyakini para peneliti ditemukan di area penggalian dekat Newport, Wales. Bukti pada situs tersebut menunjukkan adanya bekas benda terbakar, yang mendukung dugaan terkait pertumbuhan tanaman dan kulit kacang di 7.500 tahun lalu.

Ia mengatakan, manusia purba mampu beradaptasi dengan cepat. Mereka juga menggunakan situs yang sama sebagai lingkungan yang dapat berubaha secara dramatis dari hutan tua ke rawa dan kembali ke hutan tua.

"Situs akan secara permanen terendam. Sedimentasi akan meningkat di beberapa daerah dan sebagai pola perubahan erosi. Beberapa situs, termasuk pemeliharaan artefak organik, akan dapat hancur dengan cepat," tuturnya.

Wikipedia menerangkan, zaman mesolitikum di Indonesia, manusia hidup tidak jauh berbeda dengan zaman paleolitikum, yaitu dengan berburu dan menangkap ikan. Namun, manusia pada masa itu juga mulai mempunyai tempat tinggal menetap dan bercocok tanam secara sederhana.

Tempat tinggal yang dipilih oleh manusia purba umumnya berlokasi di tepi pantai (kjokkenmoddinger) dan goa-goa (abris sous roche). Sehingga, di lokasi-lokasi tersebut banyak ditemukan benda peninggalan kebudayaan manusia pada zaman itu. (fmh)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Google Tawarkan Pengguna Buka Situs Tanpa Iklan