Video Robot Perkasa Bisa Lempar Objek Berat

|

Screenshot YouTube

Video Robot Perkasa Bisa Lempar Objek Berat
WASHINGTON - Robot berkaki empat yang dikembangkan Boston Dynamics, memiliki kemampuan mengangkut benda melalui lengan capit yang dimilikinya. Kemampuan robot ini dalam melempar sebuah breeze blocks (semacam batu bata besar) diabadikan dalam sebuah video di YouTube.

Dilansir Telegraph, Minggu (3/3/2013), robot berkaki empat yang diciptakan pada 2005 ini memiliki panjang tubuh 3 kaki. Robot bernama BigDog ini dikembangkan dengan kemampuan berjalan menyerupai hewan.

Ketimbang menggunakan roda, para ahli Boston Dynamics mengusung empat kaki yang berfungsi sebagai bagian terpenting untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Pengembangnya berharap bisa menyempurnakan kemampuan robot agar bisa bergerak lebih leluasa.

BigDog telah diprogram untuk menangani benda berat dengan menggunakan kekuatan kaki. Selain itu, dalam aksi mengangkat benda berat ini, BigDog juga menggunakan batang tubuhnya untuk membantu daya gerak lengan atau capitnya.

BigDog dikenal dapat berjalan dan berlari di lingkungan terjal. Robot perkasa ini sanggup mengangkut berat hingga 155 kilogram. Robot dengan berat 108 kilogram ini didukung oleh mesin yang menggerakkan sistem aktuasi hidrolik.

Anda yang ingin menyaksikan robot perkasa ini melempar objek berat, bisa mengakses link ini. (fmh)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    OPPO Smartphone Gelar Kompetisi Startup Indonesia