Cyberattacks Ganggu Jaringan TV dan Bank di Korsel

Cyberattacks Ganggu Jaringan TV dan Bank di Korsel

(Foto: Mtholyoke)

SEOUL - Beberapa waktu lalu muncul kabar bahwa Korea Selatan sedang mempersiapkan sebuah serangan potensial melalui dunia cyber, kepada musuh mereka di Utara. Namun beberapa hari yang lalu, sistem dari tiga jaringan televisi dan beberapa institusi keuangan di Korea Selatan malah menjadi korban dari cyberattacks.

Masih belum jelas siapa dalang dibalik penyerang tersebut, Korea Selatan sendiri mengklaim bahwa Korea Utara otak dibalik penyerangan virtual pada jaringan tv dan institusi bank, di negara tersebut. Namun, para ahli mengungkapkan bahwa penyerangan tersebut bukanlah sebuah kejutan.

Hal tersebut diungkapkan oleh para ahli, karena sebelumnya Pyongyang (ibukota Korea Utara), pernah mengalami penyerangan melalui dunia cyber yang sama seperti saat ini. Beberapa jaringan televisi Korea Selatan yang terkena dampak penyerangan ini antara lain KBS, MBC, dan YTN.

Sedangkan beberapa institusi yang juga mengalami cyberattacks adalah Shinhan, Nongyup, Bank Jeju, serta beberapa perusahaan asuransi. Dalam kasus Shinhan, penyerangan mempengaruh sistem internet banking, mobile banking, bahkan mencapai Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Dikutip dari Softpedia, Rabu (20/3/2013), beberapa kabar mempercayai bahwa insiden ini disebabkan oleh pelanggaran dari penyedia layanan LG UPlus. Ditanya mengenai keterkaitannya terhadap kejadian ini, perusahaan tersebut dengan keras membantah segala tuduhan yang dialamatkan kepadanya.

(amr)

Baca Juga

First Media Gabungkan Layanan TV dan Internet

First Media Gabungkan Layanan TV dan Internet