Kepunahan Buaya Purba Suburkan Populasi Dinosaurus

Ilustrasi pseudosuchians (Foto: Abc)

Kepunahan Buaya Purba Suburkan Populasi Dinosaurus
MUNICH - Kepunahan massal yang terjadi lebih dari 200 juta tahun lalu, menyebabkan menurunnya populasi predator berukuran tubuh besar. Menyusutnya populasi predator yang merupakan buaya purba ini, mampu meningkatkan dominasi dinosaurus.

Dilansir Abc, Rabu (27/3/2013), beberapa predator awal zaman prasejarah ini dikenal dengan nama pseudosuchians. Hewan purba ini diyakini memangsa berbagai spesies dinosaurus.

Ilmuwan menemukan bahwa pseudosuchians berevolusi dan memiliki karakteristik dari pseudosuchians kuno. Predator masa silam ini dipercaya memiliki fitur fisik seperti tubuh kokoh serta ekor yang kuat untuk memukul lawannya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan ilmuwan asal Jerman, mengungkap bahwa kematian pseudosuchians ini bisa meningkatkan jumlah populasi dinosaurus sampai batas tertentu. Perisitiwa ini paling tidak terjadi pada akhir periode Triassic.

Paleontolog di Ludwig-Maximilians-Universit├Ąt mengatakan, beberapa bukti menunjukkan bahwa dinosaurus memiliki kemampuan bergerak dan sistem pernapasan yang lebih baik dibandingkan pseudosuchians. "Sehingga mereka berkembang di periode Jurassic setelah kepunahan massal," tambah Ludwig.

Meskipun demikian, dinosaurus pada akhirnya punah karena beberapa faktor penyebab. Salah satunya, hewan ini mati akibat sebuah ledakan besar dari aktivitas gunung api, yang menandai terbentuknya Samudera Atlantik.

Sehingga, kondisi alam tersebut menyebabkan peningkatan dramatis dalam karbondioksida di atmosfer . Selain itu, pemanasan global yang cepat juga berperan dalam kematian dinosaurus. (fmh)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    TV Terbaru Gunakan Teknologi Atom Artifisial