2023, Manusia Bisa Bermukim Selamanya di Mars

|

Ilustrasi (Foto: BBC)

2023, Manusia Bisa Bermukim Selamanya di Mars
AMSTERDAM - Perusahaan asal Belanda, Mars One menjadi pihak penyedia jasa wisata ke luar angkasa. Kabarnya, perusahaan ini akan membuka tawaran penerbangan komersial ke Mars dan berharap untuk membangun komunitas pemukim di planet merah tersebut.

Dilansir BBC, Rabu (17/4/2013), tidak mengejutkan apabila Mars One telah mendapatkan ribuan calon pelamar. Namun, kabarnya ini akan menjadi perjalanan satu arah, di mana ketika bermukim di Mars, mereka tidak akan kembali lagi ke Bumi (one-way trip).

Tidak seperti misi yang akan direncanakan beberapa waktu ke depan, di mana astronot akan terbang ke Mars dan bisa kembali lagi ke Bumi pada 2018. Calon pelamar harus benar-benar diperhatikan kesiapan fisik dan mentalnya.

Sebelum calon pelamar benar-benar diterbangkan dan hidup di Mars, ia harus tangguh, mudah beradaptasi, berwawasan serta bisa bekerja dalam tim. Proyek ini akan disiarkan dalam televisi, mulai dari proses seleksi, pendaratan dan seterusnya.

Pendiri Mars One, Bas Landorp menjelaskan mengapa ini akan menjadi penerbangan satu arah. Selama perjalanan sekira 7-8 bulan, astronot akan kehilangan tulang dan massa otot.

Setelah menghabiskan waktu di banyak medan gravitasi lemah di Mars, menurut Bas, akan mustahil bisa menyesuaikan kembali ke gravitasi Bumi yang kuat. Pelamar atau pemohon yang ingin tinggal bermukim di Mars ini akan dilatih secara fisik dan psikologis.

Tim akan menggunakan teknologi yang ada untuk semua aspek proyek. Energi akan dihasilkan dari panel surya, air akan didaur ulang serta astronot bisa menumbuhkan makanan mereka sendiri. 
(fmh)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Update iOS 8.2 Hadirkan Fitur Pemantau Gula Darah