Ikan "Fosil Hidup" Ungkap Evolusi Hewan Purba

|

Coelacanth (Foto: ABC)

Ikan
WASHINGTON - Tim ilmuwan internasional telah mengungkap DNA dari ikan yang disebut sebagai spesies "fosil hidup", coelacanth. Ikan asal Afrika ini merupakan spesies tertua yang masih hidup hingga saat ini.

Dilansir ABC, Kamis (18/4/2013), ilmuwan meyakini bahwa coelacanth bisa mengungkap petunjuk evolusi ikan purbakala dengan hewan yang ada saat ini. Ikan purbakala ini dipercaya telah ada sejak ratusan tahun lalu.

"Kami menemukan bahwa gen secara keseluruhan berkembang secara signifikan lebih lambat dari setiap ikan lain dan vertebrata darat lainnya," ujar Jessica Alfoeldi dari Broad Institute of the Massachusetts Institute of Technology and Harvard.

Spesies ikan ini bisa ditemukan di perairan Afrika Selatan serta pesisir Indonesia. Ikan berwarna abu-abu-cokelat ini merupakan spesies yang dapat tumbuh hingga panjang dua meter dengan berat 91 kilogram.

Fosil coelacanth pertama yang ditemukan oleh paleontolog China berusia 375 juta tahun. Bagian terunik pada ikan ini ialah terletak pada bentuk siripnya.

Ilmuwan yakin bahwa coelacanth mampu memberikan petunjuk perihal evolusi ikan, yang dahulu hidup di air dan kini bisa berjalan dengan cara "merangkak" ke darat. "Pertanyaan terkait tentang ikan hidup yang merupakan kerabat dekat 'ikan pertama yang merangkak ke darat' telah ditempatkan pada lungfish atau coelacanth," tutur Jessica.
(fmh)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Barack Obama Komentari Serangan Hacker Sony