Cassini Tangkap Foto Badai Raksasa di Kutub Saturnus

(Foto: Scienceagogo)

Cassini Tangkap Foto Badai Raksasa di Kutub Saturnus
CALIFORNIA - Pesawat luar angkasa Cassini baru-baru ini memberikan informasi baru kepada ilmuwan dengan menangkap foto di bagian kutub utara Saturnus. Foto ini menunjukkan sebuah perputaran mirip badai atau angin topan raksasa di planet bercincin tersebut.

Dilansir Scienceagogo, Selasa (30/4/2013), vortex (pusaran) raksasa di kutub utara Saturnus akhirnya terungkap. Pesawat luar angkasa Cassini menyediakan ilmuwan pemandangan terdekat dari perputaran mirip angin ribut raksasa di bagian kutub utara Saturnus.

Angin topan ini diestimasi sekira 20 kali lipat lebih besar ketimbang rata-rata angin topan yang ada di Bumi. Dalam foto yang diterima oleh ilmuwan, menunjukkan bahwa terdapat putaran besar, misterius dan berpola tertentu yang astronom sebut sebagai bentuk "heksagon".

"Kami dua kali mengambil foto ketika kami melihat pusaran ini karena terlihat seperti badai di Bumi. Namun, ini ada di Saturnus dengan skala lebih besar," kata Andrew Ingersoll, anggota tim pencitraan Cassini.

Lebih lanjut ia mengatakan, kemungkinan di pusaran tersebut terdapat sejumlah kecil uap air dalam atmosfer hidrogen Saturnus. Menurutnya, terdapat kesamaan antara pusaran Saturnus dan angin topan di Bumi.

Kemiripan tersebut seperti terdapat bentuk yang memusat dengan tanpa awan atau awan yang sangat rendah. Selain itu, terdapat spiral awan di sekitar pusat pusaran serta perputaran tersebut berlawanan dengan arah jarum jam.

Sementara perbedaan yang paling mencolok antara angin topan di Saturnus dan Bumi ialah, angin topan di planet keenam terdekat dengan Matahari ini berputar lebih cepat. Kecepatan pusaran tersebut diyakini lebih cepat empat kali lipat ketimbang di Bumi. (fmh)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Update Vine Versi iOS Tambah Fitur Baru