Waspada, Angin Kencang Terjang Jakarta Mei-Juni

|

ilustrasi (foto:Okezone)

Waspada, Angin Kencang Terjang Jakarta Mei-Juni
JAKARTA - Memasuki musim pancaroba atau peralihan dari penghujan menuju kemarau, menyebabkan cuaca yang terjadi di Jakarta mengalami sedikit perubahan. Menurut Kepala Bidang Pengkajian Penerapan Teknologi Pembuatan Hujan ( BPPT), Tri Handoko Seto, saat ini iklim global masih berada pada kategori normal.

Menurut Tri, perubahaan yang terjadi pada kota besar seperti Jakarta secara umum masih berada dalam taraf yang normal. Memasuki musim peralihan, intensitas curah hujan memang sudah tidak terlalu besar seperti beberapa bulan sebelumnya, namun berbeda dengan angin.

"Pada musim pancaroba seperti saat ini, intensitas hujan cenderung normal, proses pembentukan awan pun tidak menunjukkan suatu pola yang berbahaya. Hal tersebut menandakan potensi untuk terjadinya cuaca ekstrem pada musim pancaroba ini terbilang sangat kecil," ujarnya kepada Okezone, Selasa (7/5/2013).

Ia juga menambahkan, meski intensitas hujan dan proses pembentukan awan berada pada level normal, lain halnya dengan embusan angin. Kemungkinan pada Mei hingga awal Juni, Jakarta akan diterpa angin yang cukup ekstrem dan berbahaya.

Baru pada Juni hingga Juli, Jakarta akan memasuki musim kemarau secara penuh. Kondisi pagi hari diperkirakan mencapai suhu sekira 20 derajat celcius, sedangkan suhu panas yang akan terjadi pada siang hari mencapai sekira 30 hingga 35 derajat celcius.
(amr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Top 5 Perangkat Wearable di 2014