Terungkap Kelebihan dan Kekurangan Intel Haswell

|

(Foto: Slashgear)

Terungkap Kelebihan dan Kekurangan Intel Haswell
CALIFORNIA - Intel Core i7-4770K berbasis central processing unit (CPU) Haswell kabarnya mulai dikapalkan di China. Kendati demikian, Intel tidak akan mengungkap secara resmi hingga event Computex 2013 Juni mendatang.

Dilansir Softpedia, Sabtu (11/5/2013), website Chinadiy mengungkap review aktual terkait CPU terbaru besutan Intel tersebut. Terungkap bahwa Core i7-4770K akan diperkenalkan secara resmi pada 2 Juni, dua hari lebih awal ketimbang event Computex 2013 yang digelar mulai 4 Juni.

Prosesor desktop yang dibuat dengan teknologi manufaktur 22nm ini merupakan generasi keempat dari chip Core-series. Hardware ini memiliki kekuatan quad-core dengan 8 thread dan berjalan di kecepatan clock 3.5 GHz.

Bila diperlukan, teknologi Turbo Boost bisa memacu prosesor hingga mencapai clock 3.9 GHz. 8 MB cache memory L3 tersedia bersama dengan kontroler memori yang sangat baik.

Sistem bekerja pada tenaga listrik 84W. Selain itu, integrated graphics processors (IGP) merupakan HD 4600 (kode nama lengkap GT2 HD 4600) yang berjalan di 1.250 MHz.

Sayangnya, Haswell Core i7-4770K tidak akan memberi peningkatan performa secara signifikan untuk melampaui Core i7-3770 Ivy Bridge. Rata-rata peningkatan berada di bawah 5 persen.

Akan tetapi, menurut Chinadiy, overclocking akan mudah pada Haswell berkat opsi BCLK/FSB yang serupa dengan prosesor Sandy Bridge-E.

Bila Anda berniat melakukan upgrade ke Haswell, dengan peningkatan di bawah 5 persen, maka hal ini dinilai tidak masuk akal jika Anda memiliki Ivy Bridge. Kecuali, Anda pemilik prosesor Intel Sandy Bridge yang bisa mendapatkan peningkatan lebih signifikan untuk beralih ke Haswell.

Meskipun demikian, untuk mendapatkan graphics processing unit (GPU) terbaik, PC high-end bisa menambahkan kartu grafis dari NVIDIA atau AMD. (fmh)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Cara Bedakan Situs Jual-Beli Online Asli & Palsu