Baru, Teknologi "Rangsangan" untuk Tunanetra

Ilustrasi (Foto: Pediastaff)

Baru, Teknologi
TOKYOPerkembangan teknologi saat ini telah banyak digunakan untuk membantu para penyandang tunanetra. Salah satunya seperti teknologi yang diciptakan oleh peneliti stasiun televisi pelayanan publik di Jepang NHK membawa harapan baru bagi tunanetra, dengan mamanfaatkan indera peraba untuk menyampaikan informasi ke otak.

Teknologi ini dapat menciptakan sensasi menyentuh objek dengan jari atau tangan meski benda tersebut tidak benar-benar nyata. Demikian dilansir RocketNews24, Minggu (19/5/2013).

NHK menjelaskan, cara kerja teknologi ini menggunakan lima “titik-titik rangsangan” di ujung jari seorang tunanetra. Kelima titik di ujung jari ini akan memungkinkan seorang tunanetra untuk merasakan seperti memegang suatu benda tertentu.

Meskipun demikian, untuk hingga kini teknologi yang dikembangkannya ini masih terbatas hanya untuk satu titik rangsangan pada ujung jari saja. Namun, para peneliti mengatakan bahwa mereka akan berupaya untuk meningkatkan jumlah titik-titik rangsangan, sehingga penyandang tunanetra bisa memperoleh gambaran objek secara garis besar, meskipun obkjek tersebut tidak ada.

Rencananya, hasil penelitian ini dari teknologi ini akan dipaparkan oleh pihak NHK kepada publik pada 30 Mei-2 Juni mendatang.

Wikipedia menjelaskan, tunanetra adalah istilah umum yang digunakan untuk kondisi seseorang yang mengalami gangguan atau hambatan dalam indera penglihatannya. Akibat hilang atau berkurangnya fungsi indera penglihayannya, maka tunanetra berusaha memaksimalkan fungsi indra-indra lainnya seperti perabaan, penciuman, pndengaran da lain sebagainya. (amr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Sony Luncurkan Tablet 12 Inci di 2015?