NASA Curiosity Berburu Material Organik di Mars

Lubang yang dibor oleh NASA Curiosity (Foto: Astronomynow)

NASA Curiosity Berburu Material Organik di Mars
CALIFORNIA - Robot jelajah Mars Curiosity buatan badan antariksa Amerika Serikat, NASA, telah melakukan pengeboran di batuan Mars. Terkini, robot canggih berpenggerak roda ini akan menggali sinyal molekul organik untuk mencari kehidupan mikroorganisme.

Dilansir Astronomynow, Kamis (23/5/2013), ilmuwan mengatakan, banyak molekul organik di Mars. Planet merah ini telah dihantam asteroid dan komet sejak terbentuknya miliaran tahun lalu. Asteroid yang menabrak permukaan Mars diyakini membawa material organik.

Misi Curiosity tampaknya akan berlangsung dalam waktu lama. Ilmuwan NASA memerlukan bukti kuat agar mereka percaya sepenuhnya bahwa Mars pernah dihuni makhluk hidup (mikroorganisme) atau kehadiran organik di situs jelajah Gale Crater.

Pada pengeboran beberapa hari lalu, Curiostity telah "melubangi" batuan di Mars yang dinamakan Cumberland. Sampel dari pengeboran tersebut akan dianalisis untuk memastikan terkait penelitian sampel material di John Klein (lokasi pengeboran pertama). Ini bertujuan untuk menemukan apakah Mars pernah memiliki bentuk kehidupan kuno.

"Tim telah melakukan analisis luas dari bubuk pertama yang diperoleh selama pengeboran," kata Ashwin Vasavada, ilmuwan proyek rover Curiosity. Akan tetapi, lanjutnya, untuk mengonfirmasi beberapa hasil pengeboran pertama harus dilakukan pengeboran berikutnya.

Sejauh ini, ilmuwan telah mendeteksi beberapa karbon dalam batuan dan beberapa molekul sangat sederhana yang mengandung karbon. Namun, temuan organik masih tetap dalam pencarian.

"Ini semacam misteri karena kami berharap akan ada karbon atau bahkan organik di Mars. Kami tahu bahwa asteroid dan komet memiliki molekul organik di dalamnya. Mereka terbentuk secara alami dalam luar angkasa dan 'dikirimkan' ke Mars," terang John Grotzinger dari NASA Jet Propulsion Laboratory. (fmh)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Sony Luncurkan Tablet 12 Inci di 2015?