Ditemukan 'Naga' Laut Raksasa Sepanjang 7 Meter

Rabu, 12 Juni 2013 - 11:49 wib | Ahmad Luthfi - Okezone

Ditemukan 'Naga' Laut Raksasa Sepanjang 7 Meter Penampakkan oarfish (Foto: Foxnews) WASHINGTON - Oarfish atau ular laut berhasil tertangkap kamera remotely operated vehicle (ROV). Berbentuk memanjang dan besar mirip makhluk mitologi naga, hewan yang ditemukan di Gulf of Mexico (teluk Meksiko) ini diamati oleh peneliti dari Louisiana State University, Amerika Serikat (AS).

Dilansir Foxnews, Rabu (12/6/2013), oarfish merupakan hewan yang hidup di laut dalam. Sedikit yang diketahui tentang ikan ini, hingga akhirnya gambar hewan tersebut diabadikan melalui bantuan kamera ROV, yang dikendalikan dari jarak jauh.

Salah satu video yang ditangkap oleh bantuan ROV pada Agustus 2011, merupakan video yang terpanjang dan berkualitas gambar terbaik. Mark Benfield yang merupakan peneliti di Louisiana State University dan anggota tim yang membuat video oarfish tersebut mengatakan, terdapat video oarfish yang diambil antara 2008 dan 2011 menggunakan ROV.

Video paling populer dengan gambar beresolusi high definition (HD) ini ditangkap di 2011 selama misi riset tentang tumpahan minyak di laut. ROV kemudian mengabadikan gambar oarfish dan tim mengikutinya selama sekira 10 menit.

Ilmuwan melaporkan temuannya dalam Journal of Fish Biology. Oarfish dianggap sebagai ikan dengan tulang terpanjang di dunia. Kelompok ikan bertulang panjang ini mencakup seluruh ikan kecuali hiu dan ikan pari.

Oarfish memiliki panjang hingga 26 kaki (7,8 meter) dan dapat tumbuh menjadi hampir 50 kaki (15 meter). Hewan air ini kabarnya mampu menyelam hingga 364 kaki di bawah permukaan laut dan mengandalkan sirip punggung untuk mengontrol pergerakannya di dalam air. (fmh)

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA ยป