Heartbeat, Si Kamera Lubang Jarum dengan Desain Elegan

|

Heartbeat, kamera lubang jarum dengan balutan kuningan (Foto: Damn Geeky)

Heartbeat, Si Kamera Lubang Jarum dengan Desain Elegan
NEW YORK – Meski saat ini menjadi era kejayaannya kamera digital, namun tidak jarang kamera “jadul” masih diminati. Seringkali kita melihat pesona kamera klasik tidak lekang dimakan waktu di masa modern seperti ini.
 
Kamera lubang jarum merupakan salah satu kamera dengan bentuk yang paling sederhana dan tertua di dunia. Tak jarang banyak kolektor yang ingin mengumpulkan kamera antik ini, termasuk salah satu diantaranya seorang desainer dan fotografer asal Korea bernama Kwanghun Hyun.
 
Dilansir Damn Geeky, Jumat (14/6/2013), kecintaannya pada kamera antik ini membawanya untuk merakit Heartbeat, sebuah kamera lubang jarung custom-made tanpa menghapus ciri khas mekanismenya. Hyun menggunakan Unitas 6497 untuk mengatur shutter mekanik kamera yang memungkinkan Heartbeat menghasilkan gambar yang menarik.
 
Kamera hasil rancangannya ini tampil “cantik” dan elegan dengan balutan kuningan di seluruh tubuhnya, tak terkecuali di beberapa tombol dan cincinnya. Hyun mengklaim Heartbeat merupakan karya terbaiknya sepanjang kariernya.
 
Wikipedia menambahkan, kamera lubang jarum adalah kamera sederhana tanpa lensa dan hanya memiliki kecepatan rana kecil tunggal di satu sisinya. Sampai pada titik tertentu, semakin kecil lubangnya maka semakin tajam gambar yang akan dihasilkannya.
 
Kamera lubang jarum umumnya digunakan untuk menangkap pergerakan matahari dalam jangka waktu yang panjang, sehingga biasa teknik fotografi ini biasa disebut sebagai Solargraphy.
(fmh)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Spanyol Deteksi Pengangguran Lewat Twitter