Harta Karun Fosil Hewan Purba Ditemukan di Australia

|

(Foto: Abc)

Harta Karun Fosil Hewan Purba Ditemukan di Australia
BRISBANE - Tim pekerja proyek jalanan di Brisbane, Australia menemukan fosil dalam lapisan minyak serpih (oil shale). Setelah melakukan penggalian, mereka menemukan fosil buaya kuno, ikan, kerang dan tanaman yang diyakini berusia lebih dari 50 juta tahun lalu.

Dilansir ABC, Selasa (16/7/2013), tim pekerja proyek jalanan ini menemukan fosil buaya kuno beserta ikan purba, yang ditemukan selama pembangunan rel baru di daerah pinggiran Brisbane, Geebung. Suzanne Miller, Chief Executive Office dari Queensland Museum mengungkapkan, temuan ini tidak biasa, namun sangat penting.

"Kami dipanggil paleontolog kami, yang telah melihat dan sangat antusias dengan material tersebut," kata Miller. Menurut Miller, sangat beruntung bahwa pekerja konstruksi ini menyadari pentingnya apa yang mereka temukan.

"Ini sangat tidak biasa untuk menemukan bahan-bahan yang ditemukan di situs-situs perkotaan. Maksud saya, kebanyakan penemuan alam ini ditemukan di tempat yang jauh," ungkapnya.

Penemuan ini penting, sebab fosil berusia 50 juta tahun ini merupakan tumbuhan dan hewan pernah hidup di Bumi, yakni 15 juta tahun setelah kematian dinosaurus. Menurut Miller, ada beberapa situs fosil dari periode saat ini.

"Hal-hal yang sangat kecil cenderung untuk bertahan hidup. Ini adalah salah satu situs yang menunjukkan kepada kita semua hewan-hewan kecil yang hidup bersama di satu tempat dalam satu habitat pada saat yang sama, hanya setelah kepunahan besar-besaran yang menyapu sejumlah besar kehidupan di planet ini, "jelasnya.

Kabarnya, museum arkeologi di wilayah setempat perlu untuk menemukan situs bersejarah dan tim dikerahkan untuk membantu menemukan lebih banyak fosil. "Kami percaya bahwa ada potensi nyata dalam situs ini untuk mengungkap sesuatu yang benar-benar unik untuk Queensland dan benar-benar unik untuk Australia," pungkas Miller. (fmh)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    XL Perpanjang Trial 4G Hingga Maret 2015