Bali Akan Jadi Pusat Uji Aplikasi BlackBerry

Bali Akan Jadi Pusat Uji Aplikasi BlackBerry

ilustrasi

JAKARTA - Kendati belum ada pertanda akan menempatkan data center di Indonesia, tapi BlackBerry berusaha membuktikan Indonesia sebagai salah satu pasar penting. Vendor asal Kanada itu mengungkapkan bahwa 85 persen aplikasi BlackBerry diuji dan dinilai di kantor perusahaan yang terletak di Bali, Indonesia.

BlackBerry pun berencana memperkuat kantor di Bali itu termasuk menambah jumlah karyawan. Ekspansi kantor BlackBerry itu akan selesai bersamaan dengan Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Pacific Economic Coorporation (APEC) pada Oktober mendatang.

"Kami melakukan ekspansi kantor di Bali dan akan selesai saat APEC Oktober nanti," kata Director Government Relations Indonesia BlackBerry , Kusuma Lienandjaja, di dela-sela acara Diskusi LTE Indonesia: Teknologi, Regulasi, Ekspansi & Aplikasi di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (16/7/2013).

"Bali merupakan basis kedua developer aplikasi kami, dimana 85 aplikasi BlackBerry diuji dan dinilai disana,"  lanjutnya.

Kantor BlackBerry di Bali, sekaligus menandai kuatnya hubungan BlackBerry dengan developer lokal. Awal bulan ini, misalnya, perusahaan menggelar BlackBerry Jam Camp 2013 pertama di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Tujuan BlackBerry Jam Camp ini ialah untuk mendapatkan talenta berbakat dan ide-ide segar dalam pengembangan aplikasi BlackBerry. "Indonesia merupakan salah satu pasar yang menjadi fokus kami. Karena itu, untuk mendukung developer lokal kami menggelar BlackBerry Jam Camp 2013 pertama di Indonesia," ungkap Kusuma.

Lebih lanjut, Kusuma mengungkapkan bahwa dari segi pengguna, Indonesia lebih mendominasi dibandingkan pasar India dan China. "Di wilayah ini, Indonesia merupakan pasar utama dan yang paling besar, karena itu kami memberikan berbagai komponen pendukung untuk Indonesia, salah satunya dengan menggelar BlackBerry Jam Camp itu di sini," pungkasnya.

(adl)

Baca Juga

Gambar <i>Render</i> Galaxy Note 8 Penantang iPhone 8 Muncul ke Permukaan

Gambar Render Galaxy Note 8 Penantang iPhone 8 Muncul ke Permukaan