Korsel Siapkan Rp89 Triliun untuk Keamanan Cyber

Korsel Siapkan Rp89 Triliun untuk Keamanan Cyber

Ilustrasi (Foto: Mashable)

SEOUL - Korea Selatan (Korsel) memiliki perhatian besar terhadap keamanan cyber. Awal bulan ini, Korsel mengumumkan niatnya untuk menyiapkan dana sebesar 10 triliun won atau sekira Rp89 triliun (Rp8.95 per 1 won) hingga 2017 untuk keamanan cyber.

 

Dilansir Softpedia, Jumat (19/7/2013), bukan hanya menyiapkan dana dalam jumlah besar, Korsel juga berencana melatih 5 ribu ahli keamanan cyber. Menurut Yonhap News Agency, pada Kamis (18/7), pada pejabat mengumumkan bahwa pemerintah Korsel berencana untuk meningkatkan jumlah ahli keamanan hingga tiga kali lipat pada akhir tahun ini.

 

Tahun lalu, pemerintah Korsel telah melatih sekira 70 orang. Namun Kementerian Keamanan dan Administrasi Publik ingin menambah ahli keamanan menjadi 200 orang.

 

Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh kandidat ahli keamanan ialah harus memiliki pengalaman selama enam tahun dalam pengembangan software. Menurut catatan kementerian, kandidat harus terlebih dahulu melewati proses pengujian dan pelatihan yang akan memungkinkan mereka bekerja sebagai ahli yang disponsori negara.

 

Banyaknya serangan cyber yang diarahkan kepada Negeri Ginseng pada tahun ini menjadi alasan pemerintah meningkatkan jumlah ahli keamanan Teknologi Infomasi (TI). Korea Utara (Korut) disebut sebagai pihak yang bertanggungjawab atas serangan-serangan tersebut.

(adl)

Baca Juga

First Media Gabungkan Layanan TV dan Internet

First Media Gabungkan Layanan TV dan Internet