Isi Saldo Kartu Multi Trip KRL Bisa di XL Tunai

|

Kerjasama XL-PT KAI (foto: Ist)

Isi Saldo Kartu Multi Trip KRL Bisa di XL Tunai
JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL) dan PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) menjalin kerjasama strategis terkait penggunaan XL Tunai sebagai sarana pembayaran untuk isi saldo Kartu Multi Trip (KMT). XL diwakili Vice President Digital Service Delivery XL, Yessie D. Yosetya, sementara PT KAI oleh Direktur Komersia KCJ, Makmur Ikhtiarsyah.

Yessie D. Yosetya mengatakan, kerjasama ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan kartu berlangganan kereta, yang semakin diminati masyarakat Jabodetabek sebagai pilihan moda transportasi.

Melalui kerjasama ini, bertambah lagi manfaat XL Tunai bagi pelanggan, yaitu bisa untuk mengisi saldo kartu multi trip Commuter Line. "Kami berharap, kerjasama ini juga bisa semakin mendorong animo masyarakat, terutama dari kalangan pelanggan XL, untuk menggunakan Commuter Line sebagai moda transportasi utamanya sehingga bisa mengurangi kemacetan di Jabodetabek,” kata Yessie melalui keterangan kepada Okezone, Jumat (4/4/2014).

Yessy menambahkan, meskipun hanya terbatas di area Jabodetabek, peminat Commuter Line sangat tinggi dan cenderung terus meningkat. Oleh karena itu, XL melihat sebuah peluang untuk melakukan kerjasama ini, yang akan bisa menguntungkan kedua pihak.

Bagi pelanggan XL, layanan baru ini akan bisa mempermudah mereka untuk membayar isi saldo kartu KMT. Pelanggan KCJ biasanya harus mengantri dalam melakukan isi saldo. Dengan XL Tunai, pelanggan tidak perlu mengantri dan pihak KCJ pun tidak repot dalam menyiapkan uang kembalian dan sumber daya manusia.

Dalam pengisian melalui XL Tunai, pelanggan diuntungkan tidak perlu mengantri. Namun pelanggan akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 2.500 per transaksi isi saldo multi trip, dan Rp 350 untuk single trip. Keunggulan XL Tunai memang ada pada kemudahan dalam mengakses menu XL Tunai untuk pengisian kartu commet KCJ ini. Cukup tekan *123*120# dan pilih “Pembayaran”. Tidak ada pemotongan pulsa tambahan dan XL Tunai. Pelanggan harus memiliki kartu KMT terlebih dulu.

Kartu KMT bisa dibeli di stasiun kereta api di Jabodetabek, seperti antara lain di Stasiun Bogor, Depok, Juanda, Manggarai, Tebet, dan Serpong. Sementara itu, untuk pengisian saldo XL Tunai dapat dilakukan di & melalui seluruh jaringan ATM, XL Center, toko ponsel yang bekerja sama dengan XL Tunai, Alfamart, AlfaMidi, AlfaExpress, dan Lawson.
 
Saat ini tercatat XL Tunai telah dimanfaatkan oleh sekitar 800 ribu pelanggan dari sekitar 65 juta pelanggan XL. Namun pada dasarnya semua pelanggan XL baik itu prabayar dan pasca bayar sudah bisa menggunakan layanan XL Tunai, tanpa atau menggunakan registrasi. Cukup isi saldo XL Tunai maka sudah dapat melakukan pembayaran dengan layanan e-payment ini.

Bila mau lebih komplit maka daftarkan ke XL Center agar saldo XL Tunai dapat dicairkan dan dapat melakukan kirim uang. Saat ini XL Tunai sudah bekerja sama dengan lebih dari 100 merchant dengan jumlah outlet lebih dari 10 ribu di seluruh Indonesia.

Bagai XL, e-money adalah sebuah layanan yang memerlukan kesabaran dalam melakukan edukasi ke masyarakat. Meskipun masyarakat Indonesia terbiasa dengan pembayarn tunai, namun karena ada anjuran Bank Indonesia terkait sosialisasi less cash society dan branchless banking, maka XL melihat XL Tunai akan menjadi sebuah layanan yang memberikan kontribusi cukup besar di masa mendatang.
(amr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    IBM Verse, Layanan Email untuk Enterpise