Tim Berners Lee Sebut Privasi Pengguna Internet Terancam

Tim Berners Lee Sebut Privasi Pengguna Internet Terancam

Tim Berners Lee Sebut Privasi Pengguna Internet Terancam (foto: guardian)

LONDON – Penemu world wide web (www), Tim Berners-Lee memperingatkan mengenai momok yang muncul jika pemerintah dan perusahaan memiliki akses berlebih dalam mengontrol web. Tim mengatakan dunia perlu semacam ‘Magna Carta’ daring  untuk melawan kontrol pemerintah dan perusahaan yang semakin tumbuh.

Melansir Guardian, Senin (29/9/2014), Tim berpendapat kebebasan berinternet sedang terancam oleh pemerintah yang berminat dalam mengontrol web.

Tim, ilmuwan komputer Inggris yang menciptakan web lebih dari 25 tahun lalu, berkata pada Sabtu (27/9/2014), diperlukan undang-undang yang akan menggaransi kebebasan berinternet dan privasi penggunanya.

“Jika perusahaan dapat mengontrol akses pengguna terhadap internet, jika mereka dapat mengontrol website mana yang pengguna harus datangi, maka mereka memiliki kontrol luar biasa besar terhadap hidup pengguna,” ujar Tim saat festival Web We Want mengenai masa depan internet di London.

“Jika pemerintah dapat memblokir tujuan pengguna atau menuntun pengguna ke situs tertentu, contohnya halaman lawan politik pemerintah berkuasa, maka mereka dapat memberi informasi kepada pengguna supaya rezim pemerintah tersebut tetap berkuasa,” lanjut Tim lagi.

“Secara cepat, kekuatan untuk menyalahgunakan internet yang terbuka bagi semua telah berubah menjadi begitu menggiurkan bagi pemerintah mau pun perusahaan besar,”katanya.

Tim adalah direktur dari World Wide Web Consortium, badan yang menggarap pedoman untuk pengembangan internet. Dia menyarankan adanya versi Magna Carta untuk Internet. Magna Carta adalah piagam abad ke-13 yang menyarankan adanya jaminan untuk kebebasan dan hak dasar.

Keprihatinan terhadap kebebasan dan  privasi dalam internet teleh meningkat  diakibatkan oleh kenyataan bahwa banyak pemerintah memonitor aktivitas daring setelah adanya kebocoran yang dilakukan oleh mantan intelijen AS, Edward Snowden.

Peraturan oleh Uni Eropa (UE) yang memungkinkan individu meminta mesin pencari seperti Googe untuk menghapus links informasi mengenai mereka, dinamakan “hak u ntuk dilupakan”, juga telah meningkatkan kekhawatiran akan potensi penyensoran.

(amr)


Baca Juga

First Media Gabungkan Layanan TV dan Internet

First Media Gabungkan Layanan TV dan Internet